Lifestyle

Inilah Usia dan Penghasilan Ideal untuk KPR, Kamu Termasuk?

Kalasela.id– Membeli rumah merupakan salah satu pencapaian hidup terbesar bagi banyak orang. Bagi mereka yang belum memiliki cukup dana untuk membeli rumah secara tunai, Kredit Pemilikan Rumah (KPR) menjadi solusi yang menarik. Namun, berapa usia dan penghasilan ideal untuk mengajukan KPR? Pertanyaan ini sering kali muncul bagi para calon pembeli rumah.

Usia Minimal untuk Mengajukan KPR

Secara umum, usia minimal untuk mengajukan KPR adalah 21 tahun. Asumsinya, pada usia tersebut seseorang sudah mulai bekerja dan memiliki penghasilan yang stabil.

Namun, Perlu diingat bahwa setiap bank memiliki kebijakannya sendiri terkait persyaratan usia. Ada bank yang menerima pengajuan KPR dari usia 19 tahun, namun ada pula yang mensyaratkan usia minimal 25 tahun.

Penghasilan Ideal untuk Mengajukan KPR

Selain usia, penghasilan juga menjadi faktor penting dalam menentukan apakah seseorang layak mendapatkan KPR. Bank atau lembaga pemberi KPR biasanya akan mempertimbangkan rasio utang terhadap penghasilan (DTI) peminjam. DTI adalah persentase penghasilan bulanan yang digunakan untuk membayar cicilan utang, termasuk cicilan KPR.

Secara umum, DTI yang ideal untuk mendapatkan KPR adalah maksimal 30%. Artinya, maksimal 30% dari penghasilan bulanan peminjam digunakan untuk membayar cicilan utang.

Sebagai contoh, jika seseorang memiliki penghasilan bulanan Rp5 juta, maka cicilan KPR maksimalnya adalah Rp1,5 juta (30% x Rp5 juta).

Namun, ini hanyalah acuan umum. Bank atau lembaga pemberi KPR dapat mempertimbangkan berbagai faktor lain, seperti riwayat kredit, kondisi keuangan, dan jenis pekerjaan peminjam, dalam menentukan apakah mereka layak mendapatkan KPR.

Tips Mengajukan KPR

Berikut beberapa tips yang dapat membantu kamu dalam mengajukan KPR:

  • Hitung kemampuan keuangan. Pastikan kamu memiliki penghasilan yang cukup untuk membayar cicilan KPR dan kebutuhan hidup lainnya.
  • Cari tahu informasi tentang KPR dari berbagai bank atau lembaga pemberi KPR. Bandingkan suku bunga, biaya, dan persyaratan yang ditawarkan oleh masing-masing bank atau lembaga pemberi KPR.
  • Siapkan dokumen-dokumen yang diperlukan. Dokumen yang biasanya diperlukan untuk mengajukan KPR antara lain slip gaji, rekening koran, bukti kepemilikan properti (jika ada), dan KTP.
  • Konsultasikan dengan perencana keuangan. Perencana keuangan dapat membantu kamu dalam menghitung kemampuan keuangan¬† dan memilih KPR yang tepat untukmu.

Jadi, berapa usia dan penghasilan ideal untuk seseorang dapat mengajukan KPR? Jawabannya, tidak dapat ditentukan secara pasti karena tergantung pada berbagai faktor. Namun, secara umum, usia minimal untuk mengajukan KPR adalah 21 tahun dan DTI yang ideal adalah maksimal 30%.

Sebelum mengajukan KPR, penting untuk menghitung kemampuan keuangan kamu , mencari tahu informasi tentang KPR dari berbagai bank atau lembaga pemberi KPR, menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan, dan berkonsultasi dengan perencana keuangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kalasela/public_html/wp-includes/functions.php on line 5427

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kalasela/public_html/wp-includes/functions.php on line 5427