TeknologiTerkini

Pemerintah Indonesia Resmi Berlakukan E-Materai Berikut Daftar Distributor Resmi

Rembang (Kalasela.id) – Berita Teknology, Pemerintah Indonesia Resmi Berlakukan E-Materai,  itu harus ditandatangani basah dan kemudian dicap. Kini sekarang beda, sekarang kita bisa membuat kontrak dengan orang lain tanpa dokumen fisik.

Mulai dari tanda tangan dan stempel secara digital hingga pengaplikasian stempel yang dilakukan secara online, semuanya dapat dilakukan secara digital. Untuk mendukung era digital, pemerintah memperkenalkan prangko elektronik mulai Oktober 2021.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 86 Tahun 2021 tentang Pengadaan, Pengelolaan dan Penjualan Meterai, meterai elektronik dibuat dan didistribusikan oleh Perum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri). Instansi ini juga ditugaskan pemerintah untuk mencetak meterai tempel.

Tapi berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor 133 tahun 2021, Peruri harus bekerja sama dengan distributor dalam mendistribusikan meterai elektronik kepada masyarakat.

Dilangsir dari suara.com, “Sejak awal diluncurkan hingga saat ini, Peruri berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, mulai dari sistem pembubuhan meterai elektronik yang terus dilakukan evaluasi dan perbaikan, hingga proses distribusi ke masyarakat dengan terus melakukan penjajakan kerja sama dengan berbagai pihak yang berkompeten sehingga memudahkan masyarakat saat akan melakukan pembelian meterai elektronik.” kata Adi Sunardi, Head of Corporate Secretary Peruri.

Berikut ini adalah contoh website yang telah melakukan kerja sama dengan Peruri yaitu :

  1. PT Peruri Digital Security dengan cara mengakses https://e-meterai.co.id/
  2. PT Finnet Indonesia dengan cara mengakses https://finnet.e-meterai.co.id/ 
  3. PT Mitra Pajakku dengan cara mengakses https://e-meterai.pajakku.com/
  4. PT Mitracomm Ekasarana dengan cara mengakses https://mitracomm.e-meterai.co.id/
  5. Koperasi Pegawai Swadharma dengan cara mengakses https://swadharma.e-meterai.co.id/.

Adi menambahkan, terkait PT Peruri Digital Security (PDS), yang merupakan anak perusahaan Peruri di bidang solusi teknologi informasi, seperti e-Authentication, e-Identity, e-Payment, Data Center, Service & IT Solution, saat ini ada 6 mitra strategis untuk mendistribusikan meterai elektronik (e-meterai).

Keenam mitra tersebut adalah PT Digital Logistik Internasional, PT MCP Indo Utama, PT Redphoenix Kreatif Genesis, PT Digital Prima Sejahtera, PT Solusi Nusantara Terpadu dan PT Mahardika Teknotama Integrasi.

Melihat tingginya permintaan penggunaan meterai elektronik di masyarakat, PDS menjalin kerja sama kemitraan dengan beberapa perusahaan untuk membantu delivery dan sistem meterai elektronik yang selalu tersedia di masyarakat.

“PMK 133/2021 mengharuskan Peruri mendistribusikan meterai elektronik pada distributor guna memastikan ketersediaan meterai elektronik. Pendistribusian meterai elektronik kepada distributor dilakukan setelah distributor dipastikan telah melakukan deposit atau penyetoran bea meterai di muka.

Tidak sembarang badan usaha dapat menjadi distributor. Pihak yang ingin menjadi distributor harus memenuhi kualifikasi yang ditetapkan dalam Pasal 17 ayat (1) PMK 133/2021. Kami juga akan terus mengevaluasi kinerja dari para distributor sehingga pelayanan yang diberikan kepada masyarakat tetap optimal,” pungkas Adi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button