RembangRembang Hari IniTerkini

Dinkes Rembang Tambah Tiga Ambulans PSC

Rembang (Kalasela.id) – Berita Rembang, Pemkab rembang terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, salah satunya ketersediaaan ambulans.Tahun ini, dinas kesehatan (Dinkes) bakal menambah tiga ambulans Public Safety Center (PSC).

Tiga ambulans itu diberikan masing-masing untuk Puskesmas Sluke, (PSC) di Kecamatan Sluke, dan PSC di wilayah Kecamatan Rembang Kota.

Tiga ambulans itu dibeli menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Tahun 2022 dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) Kabupaten Rembang.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Rembang dr. Ali Syofi’i menyebutkan bahwa, alasan penambahan unit mobil ambulans untuk PSC dikarenakan Dinkes Rembang saat ini tengah mengembangkannya ke wilayah lain, tak hanya di Rembang Kota saja.

Baca Juga : Pemkab Rembang Adakan Pelatihan SEO Bagi Admin OPD

Dilangsir dari lingkarjateng.id, Ia menjelaskan, keberadaan PSC di Kota rembang telah ada sejak tiga tahun lalu.Menurutnya, PSC sangat bermanfaat untuk memberikan layanan kepada masyarakat pada pra Fasilitas Kesehatan (Faskes) atau sebelum pasien mendapat perawatan di puskesmas atau rumah sakit.

“Misalnya ada krisis kesehatan seperti adanya kecelakaan dan orang sakit mendadak di rumah dengan kasus-kasus trauma ini kami siap meluncur.

PSC ini sudah terintegrasi dengan kepolisian, damkar, BPBD, begitu ada info kejadian krisis kesehatan di masyarakat maka kita meluncur bersama,” jelasnya.

Melalui penambahan unit ambulans di PSC ini, lanjutnya, juga bertujuan untuk meminimalisir korban kecelakaan yang diantar ke Faskes menggunakan kendaraan seadanya.

Sehingga, diharapkan oleh Ali, korban kecelakaan atau warga yang mengalami krisis kesehatan bisa diantar dengan kendaraan yang layak.

“Tiap bulan ini pelayanan PSC cukup tinggi, antara 65 sampai 70 kasus. Kita (PSC, red) juga beroperasional 24 jam. Jadi memang sangat dibutuhkan keberadaan PSC,” tuturnya.

Sedangkan penambahan unit ambulans pada Puskesmas Sluke, diungkapkan Ali, dikarenakan frekuensi layanan kesehatan di sana terus semakin meningkat.

“Selama ini layanan kesehatan di Puskesmas Sluke kebutuhan untuk rujukan dan perawatan rawat inap di sana meningkat.

Sedangkan, mobil ambulansnya hanya satu yang kondisinya masih layak, yang satunya agak kurang baik, sehingga di Sluke kita tambahi satu unit lagi,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button