Baru TahuTerkiniViral

Manfaat dan Alasan Kenapa TV Analog Harus Pindah ke TV Digital

Rembang (Kalasela.id) – Pada bulan november ini kominfo membuat gebrakan baru yaitu dengan menonton televisi  menggunakan siaran TV digital .  Meski mendapat banyak pro dan kontra , kominfo mengaskan untuk tetap menganti TV analog ke TV digital Adapun, siaran analog atau menggunakan antena konvensional saat ini sudah dimatikan pemerintah di indonesia.

Hal ini sesuai Undang-Undang no. 11/2020 tentang Cipta Kerja, pemerintah wajib mulai mengalihkan siaran televisi di wilayah NKRI dari sistem analog ke sistem digital pada 2 November 2022. Program ini disebut sebagai Analog Switch Off (ASO).

Dengan beralih ke siaran digital, pemerintah menjanjikan pengalaman menikmati konten siaran televisi yang lebih baik bagi penonton.

Pemerintah menyatakan televisi digital membuat masyarakat bisa mendapatkan kualitas gambar yang lebih jernih dan canggih.

Berikut kami rangkum Manfaat dan Alasan Kenapa TV Analog Harus Pindah ke TV Digital :

Alasan Pindah ke TV  Digital

Alasannya, siaran lewat transmisi analog rentan terhadap gangguan yang biasanya menyebabkan gambar di televisi ada ‘semutnya’.

“Kualitas gambaran kalau TV analog ada ‘semutnya’, kalau cuaca bagus atau gangguan apa kepyur-kepyur. Kalau TV digital cling, betul-betul gambarnya bersih suaranya jernih dan canggih,” kata Staf Khusus Menteri Komunikasi dan Informatika Rosarita Niken Widiastuti dalam sebuah webinar beberapa waktu lalu.

Efek lain dari program ASO ini, masyarakat bisa menikmati lebih banyak konten. Contohnya di Kepulauan Riau yang sebelumnya hanya ada enam saluran TV, akan bisa menikmati lebih dari 20 program siaran.

Manfaat pindah dari sistem penyiaran analog ke digital

  • Pertama, masyarakat akan meningkati kualitas siaran yang lebih baik karena teknologi yang digunakannya lebih canggih.
  • Kedua, dengan pindah ke teknologi digital maka bisa dilakukan efisiensi sumber daya alam bernama spektrum frekuensi radio. Setelah pindah maka spektrum radio yang digunakan lebih sedikit tetapi bisa menampung lebih banyak penyelenggara.
    “Spektrum frekuensi radio ini sangat bermanfaat bagi kepentingan yang lain. Di antaranya untuk kepentingan pendidikan, kesehatan, dan mendorong percepatan infrastruktur internet cepat yang lebih merata di seluruh tanah air,” jelasnya.
  • Ketiga ragam siarannya. Isi konten siaran berpeluang bertambah lagi dan ini akan bisa memberikan konten siaran yang lebih fokus. Tentu saja ini akan mendorong benefit industri kreatif di belakangnya karena konten dibuat industri kreatif.

Ismail menambahkan bagi masyarakat yang memiliki tv analog tinggal menambahkan set top box untuk bisa menikmati siaran tv digital. Harga set top box berkisar Rp 300 ribuan. “Antena sendiri tidak perlu diganti, ini bisa tangkap siaran digital,” jelasnya

Kominfo mengharapakn masyarakat untuk mengikut aturan pemerintah yang ada, karena demi kepentingan masyarakat kedepannya .

Nah itu dia rangkum Manfaat dan Alasan Kenapa TV Analog Harus Pindah ke TV Digital versi kalasela.id .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button