Terkini

Prabowo Ungkap Sumber Anggaran Program Makan Siang Gratis

Kalasela.id– Presiden terpilih Prabowo Subianto baru-baru ini mengungkapkan sumber anggaran untuk program ambisiusnya, makan siang gratis. Program ini telah menjadi salah satu sorotan utama dalam kampanyenya, bertujuan untuk mengurangi kelaparan dan meningkatkan gizi anak-anak di Indonesia. Dalam sebuah forum di Qatar Economic Forum, Prabowo menjelaskan bagaimana pemerintahannya berencana untuk mendanai program tersebut tanpa memperlebar defisit anggaran.

Refocusing Anggaran untuk Efisiensi

Menurut Prabowo, kunci utama dari pendanaan program makan siang gratis adalah refocusing anggaran. Dalam strategi ini, dana yang sebelumnya dialokasikan untuk program-program yang dianggap kurang prioritas akan dialihkan untuk mendukung program makan siang gratis dan susu gratis.

“Kami menghitung bahwa ini adalah masalah memfokuskan kembali dan mengurangi alokasi untuk kegiatan yang tidak penting. Jadi ini soal efisiensi, tata kelola yang baik, administrasi yang baik, manajemen yang baik,” jelas Prabowo.

Prabowo menekankan bahwa efisiensi dan manajemen yang baik akan menjadi fondasi dari program ini. Dengan mengoptimalkan penggunaan dana yang ada, Prabowo yakin bahwa program ini dapat terlaksana tanpa harus menambah beban anggaran negara secara signifikan.

Tidak Memperlebar Defisit Anggaran

Prabowo juga menegaskan bahwa program ini tidak akan menyebabkan defisit anggaran melebar lebih dari 3 persen. Mengikuti jejak pemerintahan Presiden Joko Widodo yang menjaga pengelolaan fiskal secara hati-hati, Prabowo berkomitmen untuk mempertahankan stabilitas fiskal.

Dalam hal ini, Menteri Keuangan Sri Mulyani turut mendukung langkah Prabowo dengan menyatakan bahwa pemerintah sedang membahas alokasi anggaran untuk program makan siang gratis dalam konteks makroekonomi dan fiskal.

“Yang kita lakukan prinsipnya memberikan ruang fiskal bagi kemungkinan program tersebut untuk dijalankan. Namun, tetap di dalam konteks makronya dan fiskalnya,” kata Sri Mulyani.

Sasaran dan Besaran Anggaran

Program makan siang gratis ini menyasar 82,9 juta orang, yang terdiri dari 74,2 juta anak sekolah, 4,3 juta santri, dan 4,4 juta ibu hamil. Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran mengestimasikan bahwa program ini membutuhkan Rp120 triliun pada tahun pertama pelaksanaannya. Total anggaran untuk menjalankan program ini secara penuh mencapai Rp450 triliun per tahun. Dana ini akan diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Sebagai langkah konkret, pengelolaan sumber daya yang efisien dan tata kelola anggaran yang baik akan menjadi kunci keberhasilan program ambisius ini. Dukungan dan kerja sama dari berbagai pihak di pemerintahan akan sangat krusial dalam memastikan keberhasilan dan kelangsungan program makan siang gratis yang menjadi salah satu program unggulan dari Prabowo Subianto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kalasela/public_html/wp-includes/functions.php on line 5427

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kalasela/public_html/wp-includes/functions.php on line 5427