LifestyleTips & Trik

Tren Minyak Goreng Gantikan Oli Mesin: Benarkah Aman?

Kalasela.id– Baru-baru ini, muncul tren di media sosial yang menyarankan penggunaan minyak goreng sebagai pengganti oli mesin. Tren ini memicu pro dan kontra, dengan beberapa orang mengklaim bahwa minyak goreng lebih murah dan efektif, sementara yang lain memperingatkan tentang potensi kerusakan mesin yang serius.

Apa Benar Minyak Goreng Aman untuk Oli Mesin?

Secara singkat, tidak. Minyak goreng tidak diformulasikan untuk menahan panas dan tekanan ekstrem yang terjadi di dalam mesin kendaraan. Menggunakannya dapat menyebabkan berbagai masalah, seperti:

  • Kerusakan pada komponen mesin

Saat terkena panas tinggi, minyak goreng dapat teroksidasi dengan cepat. Hal ini berpotensi menghasilkan endapan dan kerak yang dapat menyumbat saluran oli dan merusak komponen mesin.

  • Performa mesin menurun

Minyak goreng tidak memiliki viskositas yang tepat untuk melumasi mesin dengan benar, yang dapat menyebabkan keausan berlebihan dan penurunan performa mesin.

  • Korosi

Minyak goreng dapat bereaksi dengan logam di dalam mesin, menyebabkan korosi dan kerusakan.

Penelitian dan Rekomendasi Ahli

Penelitian oleh Balai Pengujian Minyak dan Gas Bumi Lemigas (LPPTG) memang menunjukkan bahwa minyak goreng dapat diolah menjadi biopelumas yang aman untuk mesin. Namun, proses pengolahan ini rumit dan membutuhkan teknologi khusus.

Sementara itu, Minyak goreng di pasaran tidak melalui proses ini dan tidak memenuhi standar kinerja sebagai pengganti oli mesin. Oleh karena itu, para ahli di bidang otomotif sangat menyarankan agar tidak menggunakan minyak goreng sebagai pelumas kendaraan.

Meskipun harga minyak goreng lebih murah, risiko kerusakan mesin akibat penggunaannya sebagai pelumas jauh lebih besar. Menggunakan oli mesin yang berkualitas dan sesuai dengan spesifikasi kendaraan kamu adalah pilihan yang jauh lebih aman dan bijaksana untuk menjaga performa dan umur mesin kendaraan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kalasela/public_html/wp-includes/functions.php on line 5427

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kalasela/public_html/wp-includes/functions.php on line 5427