Tips & Trik

Waspadai Peredaran Uang Palsu Jelang Lebaran: Tips Aman Bertransaksi

Kalasela.id– Lebaran merupakan momen istimewa bagi umat Islam di Indonesia. Kemeriahan Lebaran identik dengan berbagai tradisi, termasuk saling memberi THR dan berbelanja kebutuhan baru. Namun, di balik keceriaan Lebaran, terdapat bahaya yang perlu kita waspadai, yaitu peredaran uang palsu.

Berdasarkan data Bank Indonesia (BI), pada triwulan III 2023, terdapat 7.388 lembar uang palsu yang terdeteksi, meningkat 31,4% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Menjelang Lebaran, di mana transaksi keuangan meningkat pesat, potensi peredaran uang palsu pun semakin tinggi.

Oleh karena itu, penting bagi masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan mengenali ciri-ciri uang palsu. Berikut beberapa tips aman bertransaksi untuk menghindari uang palsu:

1. Kenali Ciri-ciri Uang Palsu

  • Lihat:¬†Perhatikan gambar pahlawan, logo BI, dan ornamen pada uang. Uang asli memiliki gambar yang tajam dan detail, sedangkan uang palsu biasanya buram dan tidak rapi.
  • Raba:¬†Uang asli memiliki tekstur yang khas dan terasa kasar. Uang palsu biasanya lebih licin dan tipis.
  • Terawang: Terawang uang terhadap cahaya. Uang asli memiliki benang pengaman yang terlihat jelas, sedangkan uang palsu tidak.

2. Lakukan Transaksi di Tempat Terpercaya

Sebisa mungkin, lakukan transaksi di tempat terpercaya, seperti bank, toko besar, atau supermarket. Hindari transaksi dengan orang yang tidak dikenal atau di tempat yang tidak resmi.

3. Gunakan Alat Pendeteksi Uang Palsu

Jika sering melakukan transaksi tunai, pertimbangkan untuk menggunakan alat pendeteksi uang palsu. Alat ini dapat membantu kamu memastikan keaslian uang dengan mudah

4. Laporkan Jika Menemukan Uang Palsu

Jika menemukan uang palsu, segera laporkan kepada Bank Indonesia atau kantor polisi terdekat. Jangan coba-coba menggunakan atau menyebarkan uang palsu, karena hal tersebut bisa saja berakhir panjang dan dikenai sanksi hukum.

Dengan meningkatkan kesadaran dan pengetahuan tentang uang palsu, kita dapat menjaga diri dan orang lain dari kerugian finansial yang tidak diinginkan. Semoga tips-tips di atas bermanfaat dan membantu kamu dalam bertransaksi secara aman menjelang dan selama musim Lebaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kalasela/public_html/wp-includes/functions.php on line 5427

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kalasela/public_html/wp-includes/functions.php on line 5427