RembangRembang Hari Ini

Urus Perijinan Usaha Bakal Cukup Sampai di Desa

Rembang, kalasela.id- Berita Rembang, Perangkat desa dan pelaku usaha mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) tentang pengurusan perijinan usaha berbasis resiko di hotel Pollos. Kegiatan yang dimulai tanggal 6 sampai 8 Juni 2023 itu digagas oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang melaluiĀ  Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala DPMPTSP Kabupaten Rembang, Sidi Teguh Wibowo,Rabu (7/6/2023) mengatakan program pemerintah ini bertujuan untukĀ  mendekatkan pelayanan perijinanĀ  kepada masyarakat. Para peserta ini yang akan membantu warga di desa.

“Mereka (peserta pelatihan-red) akan menjadi pengelola layanan service point. Melakukan fasilitasi dan pendampingan kepada masyarakat dan pelaku usaha,” imbuhnya.

Dengan pelayanan perijinan udaha di desa, masyarakat tidak perlu mengantre di Mall Pelayanan Publik (MPP).

Kepala Bidang Penanaman Modal DPMPTSP Kabupaten Rembang, Rofieq Pahlevi menambahkan berlakunya Undang-Undang Cipta Kerja mengakibatkan perijinan berusaha mengalami dinamika berupa perijinan berusaha berbasis resiko.

Baca Juga : Tekan Penyakit Gagal Tumbah Anak, Perlu Kolaborasi Berbagai Pihak

“Pelayanan perijinan berbasis resiko, setiap bidang usaha antara satu dengan yang lain tidak sama. Dibedakan berdasarkan tingkatan resiko, rata-rata UMKM beresiko rendah dan sedang,” ujarnya.

Usai mengikuti pelatihan, peserta akan mendapatkan Nomor Induk Berusaha sebagai izin usahanya. Bahkan bisa menularkan ilmunya kepada calon pelaku usaha lainnya.

“Diharapkan nanti secara mandiri pelaku usaha bisa memperoses permohonan izin usaha dg memperoleh NIB (Nomor Induk Berusaha) dan bisa menyebarluaskan karena sdh di bimtek selain itu aparatur desa diharapkan mampu memfasilitasi warganya utk dapat memperoleh izin usaha karena sekarang proses dilakukan melalui sistem on-line,” tandasnya . (Mcs/Yog)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button