Terkini

Tim Kampanye Prabowo dalam Jajaran Komisaris BUMN

Kalasela.id – Belakangan ini, sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di sektor energi dan pertambangan mengumumkan susunan dewan komisaris dan direksi baru mereka. Perusahaan-perusahaan seperti PT Pertamina (Persero) dan holding BUMN di bidang pertambangan, PT Mineral Industri Indonesia (MIND ID), mengungkapkan nama-nama penting yang akan mengisi posisi strategis tersebut.

Menariknya, Bloomberg Technoz menemukan sejumlah nama yang masuk dalam jajaran komisaris dan direksi tersebut ternyata memiliki latar belakang sebagai bagian dari Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo – Gibran pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 atau setidaknya dekat dan mendukung pasangan tersebut. Siapa saja mereka? Mari kita simak lebih lanjut.

1. Simon Aloysius Mantiri

Simon resmi menjabat sebagai Komisaris Utama dan Independen PT Pertamina (Persero), menggantikan Ahok yang mundur Februari lalu. Penunjukan Simon sebagai Komut Pertamina berdasarkan hasil RUPS Tahunan 2023 yang berlangsung pada Senin (10/6/24).

Sebelumnya, Simon pernah menjabat sebagai Wakil Bendahara TKN pada Pilpres 2024 dan juga merupakan Anggota Dewan Pembina Partai Gerindra untuk periode 2020. Penunjukan ini menempatkannya di posisi strategis dalam salah satu perusahaan energi terbesar di Indonesia.

2. Condro Kirono

Selain Simon, RUPS Tahunan 2023 PT Pertamina (Persero) juga menunjuk Condro Kirono sebagai Komisaris Independen. Pada Pilpres 2024 lalu, Condro Kirono menjabat sebagai Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran.

Sebelum ini, Condro Kirono juga pernah mengisi posisi strategis yaitu sebagai Komisaris Independen PT Pos Indonesia pada 2021 dan Komisaris Pertamina pada 2019.

3. Fuad Bawazier

RUPS Tahunan MIND ID yang berlangsung pada Selasa (11/6/24), menyetujui pengangkatan Fuad Bawazier sebagai Komisaris Utama. Fuad merupakan mantan Menteri Keuangan di Kabinet Pembangunan VII Orde Baru dan mantan Direktur Jenderal Pajak.

Fuad Bawazier merupakan politisi Partai Gerindra dengan segudang pengalaman politik. Dirinya juga pernah berkiprah di Partai Amanat Nasional (PAN) dan menjadi salah satu pendiri Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura). Pada Pilpres 2024 lalu, Fuad menjabat sebagai anggota Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran.

4. Grace Natalie

Selain Fuad Bawazier, RUPS Tahunan MIND ID juga mengangkat Grace Natalie sebagai Komisaris. Pada Pilpres 2024 lalu, politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) ini memiliki peranan penting dalam menggaet Kaesang Pangarep sebagai Ketua Umum PSI. Selain itu, ia juga menjadi wakil dari Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran saat itu.

Meski begitu, Grace mengaku sudah tidak aktif dalam kepengurusan PSI sejak mendapat tugas dari Presiden Jokowi menjadi stafsusnya pada April 2024 lalu.

5. Siti Zahra Aghnia

Pada Februari tahun ini, PT Pertamina Patra Niaga menunjuk Siti Zahra Aghnia sebagai komisaris independen baru. Penunjukan ini melalui Keputusan Pemegang Saham Secara Sirkuler tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dewan Komisaris. Siti Zahra, yang merupakan istri dari Muhammad Arief Rosyid Hasan, Ketua Tim Kampanye Nasional Pemilih Muda (TKN Fanta) Prabowo-Gibran, menambah deretan tokoh dari TKN yang masuk ke dalam jajaran komisaris BUMN.

Penunjukan tokoh-tokoh ini menimbulkan berbagai reaksi dari masyarakat. Ada yang melihatnya sebagai langkah strategis untuk memperkuat sinergi antara pemerintahan dan BUMN, sementara yang lain menilai sebagai bentuk balas jasa atas dukungan politik. Apapun pandangannya, keputusan ini menandai dinamika baru dalam tubuh BUMN energi dan pertambangan Indonesia.

Bagaimana menurutmu? Apakah penunjukan ini akan membawa perubahan positif bagi sektor energi dan pertambangan di Indonesia? Bagikan pendapatmu di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kalasela/public_html/wp-includes/functions.php on line 5427

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kalasela/public_html/wp-includes/functions.php on line 5427