TeknologiUmum

Text Editor Terbaik Yang Cocok Untuk Programmer Pemula

Text Editor merupakan software aplikasi atau program komputer yang memungkinkan Anda sebagai penggunanya untuk membuat, mengubah atau mengedit file teks yang ada berupa plain text. Text editor ini sebenarnya bisa digunakan untuk membuat program-program komputer dan mengedit source code dari bahasa pemograman.

Text Editor adalah aplikasi yang biasnya di pakai oleh programmer dalam membangun sebuah aplikasi. Ada banyak sekali pilihan text editor. Mulai dari text editor dengan fitur yang sederhana sampai dengan text editor dengan fitur yang sangat lengkap dengan berbagai plugin tambahan yang tersedia. Namun, Anda tidak bisa memilih text editor berdasarkan fitur saja.

Setidaknya ada tiga faktor yang perlu Anda perhatikan ketika memilih text editor seperti kebutuhan fitur, spesifikasi komputer yang digunakan, dan bahasa pemrograman yang dipakai.

Contohnya ketika Anda sedang mengembangkan aplikasi menggunakan dengan JavaScript akan lebih kompatibel jika memakai Visual Studio.

Namun kembali lagi, itu juga tergantung kenyamanan masing-masing pengguna text editor. Selain itu, text editor juga bisa dimanfaatkan untuk membuat halaman web atau template web design dan juga membuat aplikasi tertentu. Software yang satu ini memang secara umum ditunjukan untuk mempermudah aktivitas pemrograman.

Jika Anda masih bingung menentukan text editor yang sesuai dengan kebutuhan. Di bawah ini beberapa daftar text editor terbaik saat ini.

1. Visual Studio Code

Visual Studio Code atau sering disebut VS Code ini adalah sebuah text editor ringan dan handal yang dibuat oleh Microsoft untuk sistem operasi multiplatform, artinya tersedia juga untuk versi Linux, Mac, dan Windows. Text editor ini secara langsung mendukung bahasa pemrograman JavaScript, Typescript, dan Node.js, serta bahasa pemrograman lainnya dengan bantuan plugin yang dapat dipasang via marketplace Visual Studio Code (seperti C++, C#, Python, Go, Java, dst).

Visual Code merupakan text editor yang gratis dan powerful. Anda pun pasti menyukainya. Visual Code ini menyediakan fitur yang dapat melengkapi baris kode yang Anda tulis secara otomatis. Selain itu, ada banyak sekali fitur tambahan yang dapat membuat Anda nyaman untuk menggunakannya.

Text editor VS Code juga bersifat open source, yang mana kode sumbernya dapat kalian lihat dan kalian dapat berkontribusi untuk pengembangannya. Kode sumber dari VS Code ini pun dapat dilihat di Github. Hal ini juga yang membuat VS Code menjadi favorit para pengembang aplikasi, karena para pengembang aplikasi bisa ikut serta dalam proses pengembangan VS Code ke depannya.

2. Notepad++

Notepad++ menyediakan fitur tambahan yang lebih modern dan canggih. Notepad hanya menggunakan tampilan menu yang simpel dengan latar putih, sedangkan di Notepad++ Anda akan melihat banyak pilihan menu dan ikon.

Anda bisa melakukan banyak hal menggunakan Notepad++. Aplikasi ini bisa membaca berbagai macam bahasa pemrograman. Tersedia juga menu plugin untuk menambah fitur.

Selain fitur-fitur di atas, fitur lain yang cukup bermanfaat adalah shortcut customization, text-shortening, macro recording, auto-completion, dan masih banyak lagi.

Bagi Anda yang membutuhkan text editor yang ringan dengan kebutuhan yang terbatas, Notepad++ merupakan pilihan tepat. Bagaimana dengan lisensi? Tenang, Notepad++ dapat Anda gunakan secara gratis.

3. Sublime

Sublime Text adalah aplikasi editor teks yang dapat berjalan diberbagai platform Operating System. Aplikasi ini sangat fleksibel dan powerfull, fungsionalitas dari aplikasi ini juga dapat dikembangkan dengan menggunakan sublime-packages.

Sublime Text mendukung berbagai bahasa pemrograman dan mampu menyajikan fitur syntax highlight hampir di semua bahasa pemrogramman yang didukung ataupun dikembangkan oleh Komunitas seperti : C, C++, C#, CSS, HTML, Java, JavaScript, Perl, PHP, Python, Ruby, SQL dan masih banyak lagi.

Sublime Text termasuk di dalam text editor yang mendukung berbagai macam sistem operasi seperti Windows, Mac, dan Linux. Jadi tidak masalah jika Anda mengerjakan pengembangan aplikasi menggunakan beberapa sistem operasi yang berbeda-beda.

Keunggulan lain dari Sublime Text adalah cepat dan dapat digunakan bahkan di perangkat dengan resource yang kecil. Sublime Text juga memungkinkan Anda untuk menambah fitur dengan menginstall plugin. Anda bisa menginstall beberapa plugin apabila mempunyai resource yang cukup.

Sublime Text dapat Anda gunakan secara gratis dengan batasan waktu. Namun Sublime Text juga menyediakan fitur premium yang hanya bisa Anda gunakan jika melakukan pembayaran. Biayanya sekitar 70 US Dollar untuk mendapatkan lisensi penuh.

Ada tersedia banyak sekali text editor terbaik. Sesuaikan pilihan dengan kebutuhan Anda. Text editor yang dapat mencukupi kebutuhan tentu sama bisa menghasilkan aplikasi secara efisien dan efektif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button