Tentang Bir Pletok dan Khasiatnya

Di Indonesia banyak ditemukannya berbagai macam minuman tradisional, meskipun secara umum memiliki komposisi yang berbagai macam. Namun pada setiap daerahnya memiliki kekhasan yang berbeda. Hal ini tidak terlepas dari latar belakang sosial budaya, sumber daya dan situasi yang berbeda pada setiap daerahnya yang memberikan beberapa pengaruh terhadap resep dan cara meracik macam minuman tersebut.

Bir pletok adalah minuman khas Betawi yang dibuat dari campuran beberapa rempah, yaitu jahe, daun pandan wangi, dan serai. Minuman tradisional ini dikenal di budaya Betawi. Agar warnanya lebih menarik, orang Betawi biasanya menggunakan tambahan kayu secang, yang akan memberikan warna merah bila diseduh dengan air panas. Walaupun mengandung kata bir, bir pletok tidak mengandung alkohol. Minuman ini berkhasiat untuk memperlancar edaran darah. Masyarakat Betawi banyak mengonsumsinya pada malam hari sebagai penghangat.

Sejarahnya bir plethok di buat pada zaman belanda, karena dulu orang belanda gemar minum bir sehabis bekerja biar badannya lebih hangat. Orang betawi tidak mau kalah dengan orang belanda, mereka ikutan minum. Tapi orang betawi tidak mau minum minuman keras karena selain dilarang agama Islam, tetapi tidak baik juga untuk kesehatan. Jadi, mereka berkreasi untuk membuat minuman dari bahan-bahan alami disekitar.

Berikut bahan-bahan untuk membuat bir plethok :
– Kayu secang (untuk pewarna merah)
– Pala
– Kapulaga
– Cengkeh
– Sereh
– Daun pandan
– Daun jeruk
– Kayu manis
– Cabe jawa
– Jahe
– Gula merah
– Gula pasir
– Lada


Cara Membuat 

– Siapkan semua bahan diatas.
– Cuci semua bahan hingga bersih.
– Geprek jahe dan sereh.
– Rebus air hingga mendidih.
– Masukan semua bahan kedalam air mendidih, diamkan hingga warnanya merah kecoklatan.
– Terakhir matikan kompor, tuang ke dalam wadah yang telah disiapkan sambil disaring.
– Minuman siap disajiakan.

Sumber :
https://elib.unikom.ac.id/files/disk1/739/jbptunikompp-gdl-pujirahayu-36943-7-unikom_p-i.pdf
https://id.wikipedia.org/wiki/Bir_pletok
https://cdn-2.tstatic.net/palembang/foto/bank/images/minuman-bir-pletok-betawi_20180420_083927.jpg
webtoon “Jajan Squad”