Sejarah

Serba Serbi Ramadan yang Sudah Mentradisi

Melalui sidang isbat kemarin, Pemerintah telah menetapkan bahwa tanggal 1 Ramadan bertepatan pada hari Ahad, 3 April 2022. Seperti biasa, ketika datang bulan Ramadan alias bulan puasa, masyarakat berbondong-bondong mempersiapkan diri menyambut suka cita bulan puasa. Serba serbi Ramadan dari berbagai tempat mulai terlihat.

Setiap daerah memiliki cara masing-masing untuk menyambut kedatangan bulan mulia ini. Misalnya saja kita mengenal mbesik alias bersih bersih makam yang biasa dilakukan oleh masyarakat Desa Ketanggi Rembang. Selain mbesik banyak juga kebiasaan yang sudah menjadi tradisi setiap kedatangan bulan Ramadan.


MEMBORONG BELANJAAN DAPUR

Bagi ibu-ibu, bulan ini selalu menjadi perhatian khusus. Pasalnya jadwal memasak harus disesuaikan menurut jadwal imsakiyah. Perubahan ini pula yang mengakibatkan ibu-ibu mengantisipasi untuk memborong belanjaan selama ramadan.

Biasanya bahan pokok seperti telur, bumbu dapur, ikan, ayam, beras, dan minyak menjadi langganan untuk diborong. Satu lagi yang tidak boleh ketinggalan yaitu mi instan untuk berjaga jaga jika bangun sahur kesiangan. Tapi sepertinya tahun ini ada beberapa perubahan daftar belanjaan yang harus diborong karena harga minyak yang masih mahal.

BERBURU TAKJIL DI PASAR RAMADAN

Kegiatan yang satu ini sepertinya bukan hanya sebuah kebiasaan lokal melainkan sudah mentradisi secara nasional. Setiap bulan Ramadan tiba, banyak orang mendadak membuka lapak jualan di pinggir jalan yang biasa disebut sebagai Pasar Ramadan.

Mulai dari minuman, kue, makanan berat dan segala keperluan untuk takjil tersedia disini. Tapi ada beberapa menu takjil favorit bagi pembeli seperti es buah, kolak, dan gorengan sebagai juaranya. Meskipun sepertinya harga gorengan akan naik drastis puasa tahun ini.

Bagi banyak orang, berburu takjil di pasar ramadan adalah suatu kebahagiaan. Pertama, kebahagiaan menyambut datangnya waktu buka. Kedua, kebahagiaan karena melihat semaraknya bulan Ramadan dari banyaknya orang yang sedang berbuka.

BERSIH-BERSIH MASJID, MUSHOLA, DAN RUMAH

Tak hanya masyarakat yang bersolek, masjid, mushola dan rumah juga bersolek menyambut Ramadan. Biasanya para pemuda masjid yang ada di kampung mulai berkoordinasi dengan masyarakat setempat untuk bersih bersih lingkungan.

Masjid dan mushola di kampung menjadi tujuan utama dalam kegiatan ini. Mulai dari menyapu, ngepel, mencuci sajadah, hingga membersihkan toilet dan tempat wudhu. Tujuannya tidak lain adalah untuk menciptakan kenyamanan selama menjalankan ibadah di bulan Ramadan. Rasanya tidak etis ketika sholat tarawih tapi karpetnya bau. Ya kan?

Selain masjid, rumah-rumah warga juga dipersiapkan untuk menyambut bulan puasa ini. Biasanya yang dilakukan adalah membersihkan sarang laba-laba yang sudah menumpuk di atap rumah, mengganti gorden yang setahun tidak diganti, hingga mengecat pagar dan tembok rumah. Jika ditanya tujuannya, ya tidak lain tidak bukan untuk menghormati datangnya bulan mulia.


Kalo di tempatmu ada kegiatan apa saat Ramadan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button