OpiniTerkini

Rekomendasi Tanggap Covid-19 oleh Dr. Faheem Younus

Penyebaran covid-19 di Indonesia semakin meningkat walau sebenarnya pemerintah sudah berusaha memvaksinasi masyarakat walau masih belum maksimal. Banyak sekali berita yang tidak benar beredar diluar sana, oleh karena itu pemerintah harus semaksimal mungkin dalam mensosialisasikan perihal virus yang sudah setahun ini belum usai.

Pemerintah harus lebih bersemangat mengedukasi rakyat mengenai covid-19 dan menghukum para pembuat maupun penyebar berita bohong.

“Kebohongan masih berkeliaran sementara kebenaran masih bersiap-siap untuk keluar,” sahut Dr. Faheem Younus, seorang dokter asal Amerika Serikat, yang belakangan ini populer di Twitter berkat cuitannya berbahasa Indonesia.

Covid umumnya menyebar dari orang ke orang, melalui kontak dekat atau udara, di ruang dalam ruangan. Penyebaran permukaan sangat langka. Berhentilah mengkhawatirkan pegangan, gagang pintu, koran, pakaian, bahan makanan. Cuci tangan saja. Jika kita punya keluarga yang positif covid dirumah, maka perhatikan hal hal berikut : kamar pasien dan kamar mandi terpisah, amati isolasi ketat, akhiri isolasi setelah 10 hari onset gejala, dan jangan ulangi tes covid karena dapat bertahap positif selama berminggu-minggu tetapi pasien tidak menular lebih dari 10 hari.

Untuk mengobati covid di rumah, gunakanlah parasetamol untuk demam, budesonide inhaler dua kali sehari dan Semprotan hidung Oxymetazolone untuk hidung tersumbat. Tidak perlu antibiotik, ivermectin, seng, atau steroid.

Dr. Faheem juga mengatakan bahwa penelitian mengenai obat-obatan yang diduga sebagai obat covid (ivermectin, hidroksiklorokuin, oseltamivir, multivitamin, favipiravir, azitromisin) telah menunjukkan tidak ada manfaatnya untuk mengobati covid.

Menurutnya, ada cara utuk mengontrol penyebaran covid, yaitu mendidik massa, pakai masker, ikuti sains, batasi pertemuan, dan jangan lupa vaksinasi. “Pemimpin agama dan politik harus bersatu untuk memberikan contoh yang baik kepada masyarakat” kata Dr. Faheem.

Jika Anda punya gejala demam, nyeri tubuh, sakit tenggorokan, batuk, dan kehilangan rasa, segeralah tes covid, karena bisa saja anda menyebarkan virusnya ke orang lain. Lindungi diri Anda dan keluarga dan selalu pakai masker.

Sumber : https://twitter.com/FaheemYounus?s=09

https://pixabay.com/id/photos/uji-korona-tes-siswa-covid-19-5967562/

https://pixabay.com/id/vectors/covid-19-corona-tes-covid-19-uji-5340230/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button