HUT Rembang 281Rembang

Sebuah Harapan Tentang Perayaan Ulang Tahun Rembang Ke-280

Setiap jaman memiliki tantangan dan ujiannya sendiri. Rembang, di usia 280 bersama dengan penduduk bumi dipusingkan dengan pandemi. Pemerintah kalut, harus menyelamatkan dua sektor sekaligus, ekonomi dan kesehatan.

Pekan ini, jika kondisi normal harusnya Rembang penuh hingar-bingar. Ini tak hanya soal umbul-umbul, atau kembang-api yang meriah di malam hari. Ini soal gegap-gempita perayaan ulang tahun hari jadi Rembang. Pameran, pentas seni, dan keramaian lain menjadi rezeki mereka yang berdagang/berkarya dan menjadi bahagia untuk mereka yang datang.

Tahun ini meski suasana duka di mana-mana, Rembang seharusnya masih bisa “berpesta”. Setelah beberapa jam melamun, berikut usulan saya untuk pesta ulang tahun Rembang. Tagline acaranya: Sehat dan Bahagia Bersama.

Lazimnya acara di masa pandemi, gelaran perayaan ulang tahun Rembang di gelar secara online. Acara dibuka dengan upacara dan doa bersama melalui Youtube. Upacara untuk mengenang para sesepuh kita yang telah gugur dan berdoa untuk kesehatan dan kebahagiaan masyarakat Rembang tanpa terkecuali.

Acara kemudian dilanjutkan dengan membagi dalam sub kegiatan. Untuk anak-anak dan remaja bisa digelar acara lomba menyanyi, baca puisi, mewarnai, senam, dan semacamnya.

Bayangkan saja, selepas acara ada sepasang muda-mudi yang isi pesan WA/Instagram-nya:

“Ping”
“Hai Chika, ini aku Supri yang tadi ikut lomba baca puisi virtual”

Panitia harus bangga.

Selanjutnya untuk bapak dan ibu bisa menikmati sajian pementasan ketoprak dan seni lainnya. Selain memberikan pemasukan bagi para pekerja seni yang ada di Rembang bapak dan ibu bisa bernostalgia, barang kali cinta mereka bertemu di bawah panggung ketoprak, siapa tahu.

Menjelang makan siang pantia bisa mengumumkan kejutan pertama. Secara diam-diam mereka bekerja sama dengan desa dan kelurahan untuk menyuplai makan siang. Tidak perlu mewah, yang penting makanan, minuman, dan cemilan dibeli dari pedagang sekitar. Semua bahagia.

Lanjut selepas istirahat makan siang, muda-mudi disuguhkan acara virtual e-sport. Mau Mobile Legend, mau PUBGM, atau yang lainnya syaratnya cuma satu, tidak boleh kumpul. Kalau ketahunan berkerumun di-banned seumur hidup.

Untuk memeriahkan acara, tolong saya request pemandu acara dari IMMR. Jadi ketika jeda bisa promosi juga wisata atau hal lain yang bisa membuat anak muda mengenal Rembang. Untuk jangkauan yang lebih luas, coba buat kompetisi TikTok. Tidak perlu yang rumit, misalnya dengan menampilkan kenangan wisata, makanan, atau tempat bersejarah di Rembang. Kita banjiri media sosial dengan kegiatan ini, biar dunia tahu.

via GIPHY

 

Agar pesta ini memberikan manfaat, adakan juga bursa lowongan kerja secara online. Jadi yang daftar bisa mengisi formulir dan langsung diinterview saat itu juga. Tentunya melalui video call. Untuk acara ini pantia bisa menghubungi kanal lowongan kerja paling yahud se-kabupaten Rembang @lowonga_rembang (Instagram).

Di saat bersamaan, di kanal lainnya bisa juga digelar dangdutan. Beri panggung para pekerja seni satu ini unjuk gigi. Lagi pula koplo juga katanya banyak manfaatnya, selain bisa meredakan patah hati tabuhan gendang kan bisa bikin bahagia dan menambah imun. Tentu syarat wajibnya tetap di rumah saja dan dilarang berkerumun.

Oiya, kalau jadi jangan lupa Wes Tatas dari Happy Asmara. Lagu wajib itu.


Selanjutnya, di malam hari tentu saja tanggapan wayang sampai pagi. Pokoknya semua seniman diakomodir untuk pentas. Selain hiburan itu juga bisa mata pencaharian, je. Jadi harus merata dan bersama-sama. Bagi mereka yang kesulitan akses pesta ini, panita seharusnya menyiapkan bantuan. Minimal vitamin dan makanan layak untuk sehari saja. Namanya juga pesta ulang tahun Rembang, masa iya yang bergembira cuma beberapa. Ya harus semua.

Jika ada yang baca sampai paragraf ini dan mikir ini gak mungkin karena gak ada anggaran dan masalah lain. Selow saja. Ini kan cuma masukan. Lagian gak semua angan bisa jadi kenyataan. Pokoknya yang penting kita semua sehat dan bahagia selalu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button