8 Rekomendasi Aplikasi Jadwal Shalat di Android dan iPhone
8 Rekomendasi Aplikasi Jadwal Shalat di Android dan iPhone

8 Rekomendasi Aplikasi Jadwal Shalat di Android dan iPhone

shalat lima waktu sehari menjadi ibadah yang wajib dilaksanakan dan baiknya ditunaikan secara tepat waktu. Kini, Anda tak perlu khawatir jika ingin melaksanakan ibadah shalat tersebut secara tepat waktu. Ada beragam aplikasi jadwal shalat yang bisa dimanfaatkan dengan mudah lewat ponsel. Kadang di tengah kesibukan, menunaikan shalat lima waktu secara tepat waktu mungkin cukup sulit bagi sebagian orang, diperlukan niat yang sangat kuat.

Dengan adanya aplikasi tersebut, bisa membantu Anda agar senantiasa mengingat waktu shalat dan menunaikannya secara tepat waktu. Secara umum, aplikasi jadwal shalat ini disertai dengan fitur suara azan (panggilan atau seruan shalat).

aplikasi bakal tetap memberikan peringatan notifikasi bahwa telah memasuki waktu shalat dan suara azan bakal berkumandang di ponsel Anda. Aplikasi jadwal shalat dengan suara azan itu dapat diakses di berbagai ponsel, baik di ponsel iPhone maupun di ponsel Android. Penasaran ingin mencobanya? Berikut aplikasi jadwal shalat di iPhone dan Android.

Berikut adalah 8 Rekomendasi Aplikasi Jadwal Shalat di Android dan iPhone

1. Muslim Pro

Lihat Foto Ilustrasi aplikasi Muslim Pro(App Store) Aplikasi jadwal shalat di Android dan iPhone yang pertama ada Muslim Pro. Aplikasi ini memiliki fitur yang lengkap untuk menunjang ketaatan dalam menjalankan ibadah, salah satunya adalah jadwal shalat serta notifikasi suara azan. Jadwal shalat yang ditampilkan aplikasi ini sesuai dengan lokasi tempat Anda berada.

Saat memasuki waktu shalat, aplikasi bakal mengirimkan notifikasi ke ponsel Anda dengan lantunan suara azan. Kemudian, Anda juga bisa memilih suara azan tersebut dari beberapa pengumandang yang tersedia di koleksi aplikasi tersebut. Selain itu, aplikasi Muslim Pro juga memiliki fitur membaca dan mendengarkan lantunan ayat Al Quran.

Tak ketinggalan juga ada fitur tasbih digital yang bisa menghitung jumlah zikir Anda. Kemudian, ada pula fitur yang menampilkan rumah makan halal dan masjid terdekat di aplikasi ini.

Anda bisa mengunduh atau download aplikasi jadwal shalat Muslim Pro secara gratis di toko aplikasi Google Play Store (untuk ponsel Android) dan App Store (untuk ponsel iPhone).

2. Muslim Go

Salah satu aplikasi jadwal shalat yang bisa digunakan untuk menunjang kegiatan ibadah adalah Muslim Go. Fitur di aplikasi ini cukup lengkap. Dengan aplikasi ini, pengguna akan diberi tahu jika waktu shalat tiba. Notifikasi dan suara adzan akan muncul sesuali lokasi Anda berada. Selain itu, aplikasi juga bisa mencari arah kiblat.

Muslim Go juga memiliki kumpulan doa, niat shalat sunnah, serta artikel fiqih dan aqidah. Aplikasi ini diklaim memiliki fitur Al Quran dengan mushaf yang terverifikasi dan bersumber dari Tanzil.net. Tanzil.net sendiri adalah sebuah proyek untuk menyediakan ayat Al Quran yang telah terverifikasi secara internasional. Selain membaca ayat Al Quran, Anda juga bisa mendengarkan lantunan suara dari qari atau pembaca ayat Al Quran terkenal seperti Syeih Musyari Rasyid, langsung di aplikasi ini.

Aplikasi Muslim Go juga memiliki fitur yang bisa membantu mencari restoran halal di sekitar lokasi Anda. Anda bisa download aplikasi jadwal shalat ini di toko aplikasi Google Play Store (untuk ponsel Android) dan App Store (untuk ponsel iPhone).

3. Umma

Lihat Foto Ilustrasi aplikasi Umma(App Store) Secara garis besar, fitur-fitur utama di aplikasi Umma mirip dengan dengan aplikasi Muslim Go, yakni menampilkan jadwal shalat (pengingat shalat), penunjuk kiblat, dan notifikasi adzan.

aplikasi Umma memiliki fitur lain yang cukup menarik seperti terdapat video live streaming siraman rohani dari para ustaz. Selain itu, bagi Anda yang ingin belajar Al Quran, aplikasi Umma akan membantu dengan fitur baca Al Quran. Kemudian, Anda juga bisa mempelajari arti ayat-ayat Al Quran, menandai ayat, menyimpan ayat, membaca, dan mendengarkan kembali lantunan ayat yang disukai. Aplikasi Umma juga punya fitur tanya-jawab mengenai gaya hidup dalam pandangan Islam.

4. Athan Pro

Aplikasi jadwal shalat di Android dan iPhone yang keempat ada Athan Pro. Aplikasi ini juga memiliki fitur jadwal shalat yang disesuaikan dengan lokasi tempat Anda berada. Saat memasuki waktu shalat, Athan Pro bakal mengirimkan notifikasi suara azan ke ponsel Anda, dengan pengumandang yang bisa dipilih juga.

Athan Pro telah dilengkapi dengan penunjuk arah kiblat, sehingga tak perlu khawatir salah arah. Selain fitur penunjang ibadah sholat, Athan Pro juga memiliki fitur baca dan mendengarkan lantunan ayat Al Quran, dengan terdapat koleksi 50 qari terkenal dari seluruh dunia. Untuk download aplikasi jadwal shalat ini, bisa dilakukan lewat toko aplikasi Google Play Store (untuk ponsel Android) dan App Store (untuk ponsel iPhone).

5.Usholli


Usholli menyediakan jadwal Sholat yang berbasis pada data dari portal resmi Kementerian Agama RI. Dalam aplikasinya juga disertai peta masjid, arah kiblat, dan juga mempunyai widget untuk ponsel Android.

6.Al Quran Indonesia


Sesuai namanya, pengguna aplikasi ini bisa membaca dan mendengarkan lantunan ayat suci Al Quran. Namun sebagai fitur tambahannya, ada juga jadwal salat dan imsakiyah, lengkap dengan alarm adzan. Ada juga kalender jadwal salat dan imsakiyah setiap harinya, yang bakal berguna untuk umat Muslim selama bulan Ramadhan.

7.Muslim Player Times by Vmuslim


Aplikasi ini punya fitur yang lengkap, seperti jadwal salat yang lokasinya bisa diatur sendiri. Fitur tersebut juga dilengkapi dengan alarm adzan yang bisa dipilih dari 30 muazin berbeda. Lalu ada juga informasi arah kiblat, lokasi masjid,dan banyak fitur lain seperti kalender Hijriah, 99 Asmaul Husna, sampai bermacam doa-doa harian.

8 Sajda

Terakhir, salah satu aplikasi jadwal shalat di Android dan iPhone yang bisa digunakan untuk menunjang kegiatan ibadah adalah Sajda. Aplikasi Sajda memiliki fitur utama yang mirip dengan empat aplikasi di atas.

Aplikasi Sajda juga memiliki fitur penunjuk arah kiblat, jadwal sholat yang menyesuaikan lokasi Anda, dan notifikasi suara azan. Dalam aplikasi ini yang cukup menarik adalah terdapat fitur yang bisa melihat jadwal shalat untuk bulan-bulan berikutnya.

Anda bisa mengunduh jadwal shalat tersebut dalam dokumen berformat PDF, lalu membagikan ke rekan yang sekiranya membutuhkan.  aplikasi Sajda juga memiliki fitur yang memungkinkan Anda untuk melihat siaran langsung ibadah di Masjid al-Haram, Mekah. Tak hanya menunjang ibadah shalat, Sajda juga menyediakan fitur baca ayat Al Quran.

Anda bisa download aplikasi jadwal shalat ini secara gratis juga lewat aplikasi Google Play Store (untuk ponsel Android) dan App Store (untuk ponsel iPhone). Itulah lima aplikasi jadwal shalat dengan suara azan, semoga bermanfaat dan bisa lebih taat dalam menjalani ibadah.