RembangTerkini

Razia Bulan Ramadan, Petugas di Rembang Amankan Pekerja Dibawah Umur dan Puluhan Miras

Rembang, Kalasela.id – Berita Rembang, Razia Bulan Ramadan, Petugas di Rembang Amankan Pekerja Dibawah Umur dan Puluhan Miras (26/3/2023).

Petugas gabungan yang terdiri dari unsur Polres Rembang, Satpol PP Razia karaoke dan warung kopi berfasilitas karaoke pada bulan suci Ramadhan ini. lokasi di Dusun Jeruk Desa Sendangagung Kecamatan Kaliori.

Dalam Razia yang dilakukan pada malam Ramadan, saat kebanyakan masyarakat melakukan salat tarawih itu, petugas gabungan menyita puluhan botol minuman keras (miras) berbagai merk.

Selain menyita puluhan minuman keras (miras) Petugas menemukan pekerja di bawah umur, saat razia kafe karaoke dan warung kopi berfasilitas karaoke pada bulan suci Ramadhan ini.

Dilansir dari r2brembang,  ” Kepala Bidang Penegakan Produk Hukum Daerah Satpol PP Kabupaten Rembang, Eko Prasetyo Widjanarko menjelaskan temuan terbaru saat petugas menggelar penertiban di warung kopi Dusun Jeruk Desa Sendangagung Kecamatan Kaliori.”

Baca Juga : Razia Malam Ramadan, Dari Temuan Hingga Petugas Intip Atas Bawah

“Ya benar, di lokasi tersebut selain kami menemukan Miras, juga kita amankan 1 pekerja perempuan di bawah umur, “ terangnya, Minggu (26 Maret 2023).

Menurut Eko, pekerja tersebut tidak bisa menunjukkan KTP. Setelah didalami lagi, ternyata baru berusia 15 tahun. Petugas membawanya ke kantor Satpol PP untuk pembinaan, yang bersangkutan kemudian dikembalikan kepada orang tuanya.

“Pekerja di bawah umur ini mengaku keberadaannya di Warkop tanpa sepengetahuan orang tuanya. Yang diketahui orang tua, anaknya kerja sebagai penjaga toko, “ imbuh Eko.

Jika mengacu Undang-Undang Nomor 13 tahun 2003 pasal 68 tentang ketenagakerjaan, minimal usia tenaga kerja adalah 18 tahun.

Pengusaha yang masih mempekerjakan anak di bawah umur 18 tahun, sesuai UU Ketenagakerjaan dapat terancam hukuman paling singkat 1 tahun dan paling lama 4 tahun, denda minimal Rp 100 Juta dan maksimal Rp 400 Juta.

Dalam Instruksi Bupati warkop diperbolehkan buka sampai pukul 21.00 WIB. Selain itu tidak boleh membunyikan musik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button