Prosesor Laptop Baru dari AMD

Secara resmi meluncurkan jajaran laptop terbaru mereka yang menggunakan prosesor AMD generasi terbaru. Tak tanggung-tanggung, mereka meluncurkan total enam laptop sekaligus untuk memanjakan para gamer di Indonesia.

Seperti diketahui, hingga saat ini pasar laptop gaming memang masih merupakan pasar yang seksi. Penjualan laptop gaming di Indonesia dikabarkan terus meningkat meski dua tahun setelah pandemi menyerang seluruh dunia.

AMD mengungkap jadwal perilisan arsitektur untuk CPU dan GPU baru untuk beberapa tahun ke depan, termasuk prosesor terbaru mereka untuk laptop.
Prosesor tersebut adalah Ryzen 7000 yang memakai arsitektur Zen 4, yang dijanjikan punya performa single thread 15% lebih tinggi, dan Instruction Per Clock (IPC) 8-10% lebih tinggi.

Sementara itu performa per watt diklaim akan punya peningkatan yang signifikan (25% atau lebih tinggi), dan juga bandwidth memory yang lebih tinggi dengan pemakaian DDR5.

Ryzen 7000 untuk desktop dan server bakal diproduksi memakai proses 5nm dan dijadwalkan meluncur pada 2022 ini. Sementara varian laptopnya diproduksi menggunakan proses 4nm dari TSMC.

Ryzen 7000 untuk laptop tersebut diberi kode Phoenix Point dan memakai core Zen 5 dan GPU berarsitektur RDNA 3+, dan dibuat menggunakan node canggih yang belum diungkap.

Zen 5 dideskripsikan sebagai arsitektur mikro yang benar-benar baru, namun tak banyak detail yang diungkap. AMD hanya menyebut kalau prosesor-prosesor ini dibuat menggunakan proses 4nm dan 3nm.

Proses 4nm dari TSMC sebenarnya hanya versi perbaikan dari proses 5nm, namun proses 3nm-nya benar-benar baru dan berbeda. Prosesor Zen 5 sendiri diperkirakan baru ada pada 2024, jadi detailnya belum terlalu banyak.

Sementara itu untuk produk GPU, RDNA 3 akan dibuat memakai proses 5nm dan akan jadi chip pertama yang menggunakan desain chiplet. RDNA 2 dibuat memakai proses 7nm dan 6nm, jadi peningkatannya di RDNA 3 akan signifikan, diprediksi meningkat 50% pada sektor performance per watt-nya dibanding RDNA 2.

Kemudian ada RDNA 3+ untuk beberapa produk, namun peningkatan terbesar akan datang di RDNA 4 yang diperkirakan dirilis pada 2024. Tak banyak informasi yang diungkap, namun AMD menjanjikan performa dan efisiensi yang signifikan, demikian dikutip  dari GSM Arena.