Terkini

Presiden Jokowi Menyodorkan Nama Kaesang untuk Pilgub Jakarta, Benarkah?

Kalasela.id – Belakangan ini, isu seputar Pilkada Jakarta 2024 kembali menghangat. Kabar terbaru menyebutkan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menyodorkan nama Kaesang Pangarep, putra bungsunya, sebagai calon gubernur. Namun, benarkah isu tersebut?

Kaesang di Tengah Sorotan Politik

Kaesang Pangarep, yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), menjadi pusat perhatian setelah Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Habib Aboe Bakar Al Habsyi, mengklaim bahwa Jokowi telah mencalonkan Kaesang untuk Pilkada Jakarta. Menurut Habib Aboe, kabar ini sudah beredar lama dan bukan hal baru.

Bantahan dari Kaesang dan Gerindra

Kaesang sendiri dengan tegas membantah klaim tersebut. Dia menyatakan bahwa Presiden Jokowi tidak pernah menyodorkan namanya kepada partai politik untuk maju di Pilkada Jakarta. Kaesang bahkan menantang Habib Aboe untuk menyebutkan partai mana yang pernah menerima tawaran dari Jokowi.

“Pak Sekjen PKS tidak berbicara berdasarkan fakta. Pak Jokowi tidak pernah menawarkan nama saya kepada partai-partai politik. Silakan periksa, atau sebutkan partai mana yang pernah diajak Pak Jokowi. Cara seperti itu tidak etis dan merupakan kebohongan kepada publik,” tegas Kaesang.

Habiburokhman, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, juga menepis kabar tersebut. Dia menjelaskan bahwa dalam Gerindra, calon kepala daerah dipilih melalui proses penjaringan yang melibatkan aspirasi dari basis hingga tingkat pusat.

“Mungkin yang lebih penting adalah dari Koalisi Indonesia Maju, jika ada kesepakatan baru calon akan maju,” jelasnya.

PAN Turut Berkomentar

Selain itu, Ketua Tim Desk Pilkada DPP Partai Amanat Nasional (PAN), Yandri Susanto, mengungkapkan bahwa partainya tidak pernah mendapat tawaran dari Presiden Jokowi untuk mengusung Kaesang. Menurut Yandri, justru PAN yang meminta restu kepada Jokowi untuk mengusung Kaesang.

“Kalau Pak Jokowi cawe-cawe, saya nggak dengar tuh, dan Pak Jokowi nggak menawarkan ke mana-mana, nggak,” katanya.

Mengapa Isu Ini Muncul?

Isu ini kemungkinan muncul dari dinamika politik menjelang Pilgub Jakarta yang semakin memanas. Menurut beberapa pengamat politik, pernyataan Sekjen PKS mungkin dimaksudkan untuk menutup pintu koalisi dengan PSI, atau sekadar manuver politik untuk mempengaruhi persepsi publik.

Di sisi lain, popularitas Kaesang sebagai tokoh muda dan Ketua Umum PSI memang menjadi perhatian banyak pihak. Kemungkinan besar, nama Kaesang akan terus menjadi sorotan dalam berbagai spekulasi politik hingga menjelang Pilgub 2024.

Bagaimana menurutmu? Apakah benar Presiden Jokowi menyodorkan nama Kaesang untuk Pilgub Jakarta ? Bagikan pendapatmu di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kalasela/public_html/wp-includes/functions.php on line 5427

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kalasela/public_html/wp-includes/functions.php on line 5427