RembangRembang Hari Ini

Potret Hari Jadi Rembang ke-282: Kolaborasi Penari Orek- orek Enam Sekolah 

Rembang,kalasela.id- Usai upacara peringatan Hari Jadi Kabupaten Rembang ke – 282, ada pertunjukkan seni tari dari gabungan enam sekolah SMP. Mereka menarikan tarian orek- orek khas Rembang dengan 282 penari.

Penampilan mereka terlihat menghibur dan mendapatkan apresiasi dari peserta dan tamu undangan. Beberapa guru juga ikut menari untuk memberi semangat anak didiknya tampil di momen bersejarah Rembang ini.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Kabupaten Rembang, Muttaqin menjelaskan Pemkab terus menggaungkan tari orek- orek khas Rembang. Sedangkan jumlah penari disamakan dengan usia Kabupaten Rembang 282 tahun.

Tari orek- orek ini dijelaskan Muttaqin merupakan tari pergaulan untuk menyambut kegembiraan di hari jadi Kabupaten Rembang. Dengan harapannya kesejahteraan masyarakat Rembang semakin meningkat.

“Untuk penarinya dari enam sekolah, SMP Negeri 1, 2, 3 dan SMP Negeri 5 Rembang, SMP Negeri 1 Lasem dan SMP 2 Sulang. Alhamdulillah hasilnya kompak, memberikan semarak Rembang gemilang berkelanjutan, ” ungkapnya.

Agustina Ayu Andira, Guru Seni Tari SMPN 1 Lasem mengaku bangga karena SMP 1 lasem menjadi salah satu sekolah yg ditunjuk untuk ikut menampilkan Tari Orek Orek dalam rangkat peringatan Hari Jadi Rembang ke 282.

“Anak anak bisa mendapatkan pengalaman baru menari massal di alun alun rembang dan tampil di depan bapak Bupati. Melalui kegiatan tari Orek-Orek massal ini anak anak bisa mengembangkan diri dan melihat kemampuan menari dari teman teman dari 5 sekolah lain yg harapan saya dapat anak anak jadikan sebagai bahan apresiasi dan evaluasi diri dalam bidang menari, ” ungkapnya.

Dikatakan Andira,  anak- anak antusias ikut menyemarakkan Hari Jadi Rembang ke-282. Karena sudah lama sejak pandemi tidak ada perayaan seperti ini dan merupakan pengalaman pertama bagi mereka tampil di event penting dan dilihat banyak orang penting.

“Saking antusiasnya anak anak,  sampai mau diajak latihan meskipun masih libur semester waktu itu dan panas panasan di lapangan, ” tandasnya. (Mcs/Yog)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button