RembangRembang Hari Ini

Porprov: 12 Atlet Muay Thay Adu Skill Waikru, Apa Itu Waikru? Ini penjelasannya

Atlet Muay Thay Rembang di nomor Waikru ,Mailaa Najwaa Wahyu  Nur Isnaini
Atlet Muay Thay Rembang di nomor Waikru ,Mailaa Najwaa Wahyu  Nur Isnaini

Rembang, kalasela.id – Ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Tengah 2023 di Kabupaten Rembang akan dimulai Rabu (2/8/2023), meskipun pembukaan event ini  baru digelar Jum’at malam (4/8/2023) di Pati. Cabang Olahraga (Cabor) yang dipertandingan lebih awal yakni Muay Thay, karena 10 Agustus sudah bergulir Pra PON di Jakarta.

Kemudian pada Rabu pagi seluruh atlet mengikuti tahapan timbang badan dan cek kesehatan di Balai Kartini. Setelah itu dilanjutkan upacara pembukaan sekitar pukul 11.00 WIB dan dilanjutkan pertandingan nomor Waikru pukul 13.00 WIB.

Lalu apa itu Waikru? Ketua Mua Thay Jawa Tengah, Hartono di Balai Kartini menjelaskan Waikru merupakan nomor seni di Cabor Muay Thay.

“Asal usul Muay Thay ini tingkat seninya sangat tinggi. Contoh dari musiknya, tujuannya apa sebenarnya Waikru itu setelah saya tanya kepada orang- orang yang memahami Thailand sebenarnya merefresh sebelum pertandingan, menari- nari itu agar tidak sepaneng (terlalu fokus bertanding,-red), tidak ada beban mental,” ungkapnya.

Hartono menambahkan seni Waikru ini dibertandingkan keindahannya. Waikru pertama kali dipertandingkan di Porprov Jateng karena nantinya di PON , Ada nomor seni di cabor Muay Thay.

Di nomor Waikru, atlet wanita Rembang Mailaa Najwaa dari Dusun Siman Desa Sendangagung Kecamatan Kaliori. Sedangkan atlet putra Wahyu  Nur Isnaini atlet Muay Thay Rembang nomor Waikru warga Desa Jatimudo Kecamatan Sulang.

Ketua Cabor Muay Thay mengungkapkan di Porprov Surakarta lalu, Waikru belum dipertandingkan. Dari segi persiapan dua atlet nomor seni Waikru memiliki waktu persiapan yang berbeda.

Wahyu melakukan persiapan sudah 4 bulan yang lalu. Sedangkan Mailaa baru saja bergabung, namun terbilang bagus dalam menyerap materi yang diberikan pelatih.

“Target untuk dua atlet ini Waikru bisa meraih medali.  Mudah-mudahan bisa menyumbangkan emas, ” ujarnya.

Enam besar yang tampil di nomor Waikru putra  dan putri yaitu Kontingen Cilacap, Grobogan, Pati, Rembang, Salatiga dan Semarang. Sedangkan untuk putri dari Semarang, Cilacap, Grobogan, Salatiga, Rembang. Hasil dari nomor Waikru akan diumumkan pada Sabtu (5/7/2023).

Di cabor Muathay sendiri, ada 15 atlet yang diterjunkan. Cabor Muay Thay di Porprov 2023 ini  ada 23 nomor, artinya memperebutkan 23 medali emas, 23 medali perak dan 23 medali perunggu.

Untuk nomor pertandingan dengan kontak fisik baru mulai Kamis (3/8/2023). Untuk final pada Sabtu 5 Agustus 2023. (Mcs/Yog)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kalasela/public_html/wp-includes/functions.php on line 5427

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kalasela/public_html/wp-includes/functions.php on line 5427