Lifestyle

Pertamina Kolaborasi Menparekraf Akan Kembali Adakan Kejuaraan Dunia ”F1POWERBOAT 2024” di Danau Toba

Pertamina Kolaborasi Menparekraf Akan Kembali Adakan Kejuaraan Dunia ”F1POWERBOAT 2024” di Danau Toba

PT Pertamina (Persero) bekerja sama dengan Menparekraf, Sandiago Uno untuk menggelar kembali Kejuaraan Powerboat Dunia F1H2O 2024 di Danau Toba, Provinsi Sumatra Utara pada tanggal 24-26 Februari 2024 untuk kedua kalinya, Jumat (23/02/2024).

Pertama kali digelar pada tahun 1984, ajang ini kini sukses digelar di 39 negara.Kali ini, akan ada 10 tim dari 6 negara. negara-negara yang bersaing, termasuk Uni Emirat Arab (UEA), Prancis, Italia, Portugal, Swedia, dan Norwegia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, menyoroti potensi multiplier effect yang dapat diraih untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional dan lokal melalui kejuaraan balap F1 Powerboat di Danau Toba.

Sandiaga juga menegaskan, perlunya pelatihan bagi pelaku ekonomi kreatif di sekitar Danau Toba. Pelatihan tersebut diharapkan dapat memaksimalkan potensi ekonomi lokal dan menciptakan dampak positif yang berkelanjutan.

Dengan mengejar multiplier effect, Menparekraf menjadikan event F1 Powerboat sebagai momentum untuk merangsang sektor ekonomi kreatif dan pariwisata. Pihaknya percaya bahwa keberhasilan dan eksposur event ini akan membawa daya tarik positif bagi kunjungan dan investasi di Danau Toba.

Menparekraf melihat ajang F1 Powerboat menjadi arena adu kecepatan dan keahlian para pembalap dan sebagai ladang potensial untuk memberdayakan ekonomi lokal. Harapannya adalah bahwa dengan kerja sama lintas sektor dan dukungan penuh, event ini akan membawa manfaat ekonomi yang jauh melampaui batas perkiraan

Penyelenggaraan F1 Powerboat Danau Toba pada 2023 diklaim telah memberi dampak ekonomi mencapai Rp1,68 triliun dan berhasil mendatangkan sekitar 100 ribu wisatawan.

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat konferensi pers F1 Powerboat Danau Toba.

“Begitu juga dampak acara bagi daerah. Kegiatan-kegiatan internasional juga memperkenalkan destinasi wisata baru kepada turis,” ujar Luhut dalam di Gedung Kemenko Marves, Jakarta, 23 Februari 2024.

Dalam kesempatan tersebut, Luhut juga menyampaikan apresiasi kepada pihak lainnya yang turut terlibat dalam perhelatan F1 Powerboat Danau Toba, seperti Pertamina dan PLN.

Dia pun meminta kepada seluruh pemangku kepentingan untuk bekerja sama dalam menyukseskan perhelatan kedua F1 Powerboat Danau Toba, yang akan diselenggarakan pada 24-26 Maret 2024.

“Saya berharap kita semua untuk bahu-membahu, bekerja dalam teamwork, kita tidak bekerja sendiri untuk bisa menyukseskan ini,” ujar Luhut,.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button