LifestyleTerkini

Persiapan yang Dilakukan sebelum Olahraga, Meminimalkan Cedera

Rembang, Kalasela.id – Lifestyle, Persiapan Olahraga Merupakan aktivitas awal untuk memulai suatu olaharaga, yang dianjurkan untuk menjaga kesehatan. Selain menyehatkan, olahraga dapat memberikan energi prima untuk tubuh.

Olahraga juga berfungsi membentuk tubuh ideal, menghilangkan stres, melatih konsentrasi, memperbaiki mood, dan lain-lain. Banyak hal positif diperoleh dengan berolahraga sesuai aturan.

Olahraga tak selalu identik dengan aktivitas yang berat, seperti gym atau angkat berat. Tidak jarang alasan kita malas berolahraga karena merasa berat dan membosankan. Padahal, aktivitas kecil seperti berjalan, lari kecil, joging, atau stretching dan pemanasan, juga termasuk olahraga.

Meski begitu, aktivitas fisik seperti olahraga tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Sebelum berolahraga, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan agar terhindar dari cedera.

Dengan memperhatikan hal-hal yang sebaiknya dilakukan sebelum olahraga, Anda pun akan mendapatkan manfaat aktivitas ini secara lebih optimal.

Berikut macam-macam persiapan yang dilakukan sebelum melakukan olahraga 

Persiapan yang Dilakukan sebelum Olahraga

1. Pemanasan

Ingat untuk melakukan pemanasan sebelum berolahraga. Bahkan jika Anda hanya berolahraga selama 10 menit, pemanasan tetap wajib.

Pemanasan membantu meningkatkan suhu tubuh sebelum olahraga. Pemanasan berguna untuk membantu mempersiapkan kondisi tubuh Anda.

Selain membantu meningkatkan suhu tubuh Pemanasan juga dapat mengurangi kemungkinan kita terkena cedera saat berolahraga dan meningkatkan rentang gerak dapat membantu Anda memaksimalkan olahraga karena akan ada banyak otot yang terlibat selama latihan.

2. Makan

Sebenarnya Anda tidak perlu memaksakan diri untuk makan sebelum berolahraga. Akan tetapi, jangan abaikan jika merasa tubuh Anda membutuhkan “bahan bakar”.

Jika tidak ada makanan di perut, tidak ada energi yang bisa dikeluarkan. Disarankan untuk mengonsumsi semangkuk oatmeal sebelum berolahraga.

3. Minum Air Putih

Hal lainnya yang perlu dilakukan sebelum olahraga adalah konsumsi air putih. Dengan tetap terhidrasi, Anda akan lebih berenergi.

Pria dewasa membutuhkan setidaknya 2,5-2,6 liter atau delapan gelas air putih setiap harinya. Sementara, wanita dewasa membutuhkan minimal 2,3 liter atau tujuh gelas setiap harinya. Namun, itu semua tergantung dengan kebutuhan dan aktivitas setiap orang.

4. Tidur yang Cukup

Istirahat yang baik tidak hanya memberi Anda energi, tetapi juga membuat hormon lapar Anda terkendali.

Tak hanya sebelum, tidur nyenyak dan cukup juga penting setelah berolahraga. Saat itulah otot Anda benar-benar pulih.

5. Gunakan Pakaian dan Sepatu Olahraga yang Sesuai

Bergerak, melompat, berlari, dan meregangkan tubuh bukan cuma soal teknik dan kemampuan. Anda juga perlu perlengkapan yang sesuai untuk mendukung aktivitas itu.

Misalnya, menggunakan bra olahraga akan membuat Anda lebih nyaman bergerak ketimbang bra biasa. Atau kaki Anda akan terasa lebih ringan ketika mengenakan running shoes di trek berlari.

Mengenakan pakaian olahraga yang tepat akan membantu Anda merasa lebih nyaman, memiliki daya tahan yang lebih baik, dan membuat latihan lebih menyenangkan.

6. Menyiapkan Lagu

Pilihan lagu ketika berolahraga dapat membantu Anda untuk lebih bersemangat dalam berolahraga. Tempo lagu juga dapat membantu Anda dalam membuat ritme olahraga.

7. Siapkan Handuk Kecil

Sebelum berolahraga, jangan lupa untuk menyiapkan handuk kecil untuk mengeringkan keringat Anda. Hal ini dapat membantu Anda terhindar dari risiko iritasi pada kulit dan infeksi jamur.

8. Siapkan Pakaian Ganti

Jika Anda tergolong orang yang mudah berkeringat atau mengeluarkan keringat berlebih ketika berolahraga, penting untuk menyiapkan pakaian ganti.

Ketika pakaian yang sudah basah dibiarkan dalam waktu cukup lama, keluhan gatal pada kulit yang sering disebabkan oleh infeksi jamur dapat muncul.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button