TeknologiTerkini

Perkuat Keamanan Google Rilis Fitur Baru

Rembang, Kalasela.id – Google telah mengenalkan fitur baru yang bernama Results About You untuk memberikan lebih banyak kontrol kepada pengguna terkait informasi pribadi yang muncul dalam hasil pencarian.Hal ini disampaikan Google melalui blog resminya pada Kamis (3/8/2023).

Fitur ini dirancang untuk memberikan peringatan kepada pengguna jika informasi pribadi mereka muncul dalam hasil pencarian. Google juga mengumumkan bahwa fitur ini telah ditingkatkan untuk menjadi lebih efektif.

Fitur Results About You sebenarnya telah diperkenalkan oleh Google pada tahun sebelumnya dengan tujuan memberikan pengguna lebih banyak kontrol atas informasi pribadi yang ditampilkan dalam hasil pencarian Google

Dikatakan perusahaan akan mengirimkan notifikasi kepada pengguna ketika alamat, nomor telepon, dan/atau alamat email pribadinya ditemukan secara terbuka di internet.

Google juga akan mempersilakan pengguna untuk meninjau informasi dirinya yang tersebar dan mengajukan permintaan agar Google menarik informasi tersebut dari pencarian.

Notifikasi ini merupakan langkah lanjutan dari fitur Result About You yang diluncurkan di AS pada September tahun lalu. Pengguna dapat memasukkan sejumlah informasi pribadi ke dasbor fitur tersebut dan mesin akan mencocokan hasilnya pada pencarian internet. Situs apapun yang terindikasi mengandung informasi pribadi pengguna akan muncul dan pengguna dapat meninjau serta mengirim permintaan penghapusan.

Pengguna dapat memantau status permintaan penghapusannya pada pusat Google, yang akan menunjukkan permintaan sedang diproses, disetujui, ditolak, atau dibatalkan.

Fitur Result About You yang baru rilis di AS ini akan memudahkan pengguna untuk memantau keamanan data pribadinya tanpa harus mencarinya secara manual di mesin pencari.

Dengan pilihan aktivasi notifikasi, pengguna juga tidak perlu mengecek fitur secara berkala sebab Google akan mengirim peringatan melalui notifikasi tersebut. Namun perlu diketahui, Google tidak sepenuhnya menghapus informasi pengguna yang muncul di situs tertentu.

Google hanya menghilangkan informasi dari pencarian. Informasi tersebut masih dapat ditemukan jika pengguna membuka laman web yang memuatnya. Google juga memiliki beberapa batasan pada jenis hasil penelusuran yang dapat dihapus.

Misalnya, Google tidak dapat mengambil tindakan atas hasil pencarian dari situs pemerintah atau lembaga pendidikan. Untuk tahap awal, saat ini fitur Result About You baru diluncurkan di AS dalam bahasa Inggris. Google memastikan akan segera meluncurkan fitur ini di negara-negara lain dalam berbagai bahasa.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button