Baru TahuTerkini

Perjalanan K-Pop yang Mendunia

Musik popular K-pop sekarang ini telah menguasai pasar musik di berbagai belahan dunia. Dibalik kesuksesannya ada perjalanan panjang yang ditempuh oleh para Idol K-pop agar karyanya bisa “debut” dan diakui oleh dunia luar. Awal mula hadirnya K-pop karena adanya keinginan untuk memberi gebrakan baru dalam industri musik Korea, karena para pemuda di sana lebih menyukai musik Barat dibanding karya asli dari negaranya sendiri. Musik baru yang dipersiapkan oleh industri musik Korea lebih mengusung genre pop dengan lirik sederhana dan mudah untuk dihafalkan. Tambahan koreografi dibuat sebagai pemanis agar video clip bisa menarik perhatian lebih dari para penonton. Seo Taiji and Boys muncul sebagai pelopor musik baru di Korea pada tahun 1992.

Cara Korea Mengenalkan Musik Mereka ke Dunia

Berbeda dengan industri musik negara lain yang memfokuskan iklan dan pengenalan melalui platform atau media sosial yang bersifat nasional (dalam negeri), Korea lebih mengedepankan untuk memasarkan musik mereka melalui platform Internasional. Kerja sama yang dilakukan oleh industri musik Korea dengan menggunakan Facebook, Twitter, dan YouTube mendapat sambutan hangat dari berbagai kalangan dalam tingkat Internasional. Dengan begitu, orang-orang di luar Korea bisa ikut menikmati dan meramaikan produk musik Korea.

Dukungan dan Persiapan

Perjalanan K-Pop yang dikenal dunia luar tidak terlepas dari campur tangan pemerintah dan pemuda Korea yang menginginkan negaranya bisa popular. Pemerintah Korea Selatan memberikan dukungan kepada idol dan agensi K-Pop dengan memberikan keringanan pajak bagi industri musik korea. Para Idol juga tidak lepas dari tanggung jawab mereka kepada negara dengan memberi penampilan terbaik dari kemampuan yang mereka miliki. Persiapan yang matang seperti Latihan olah vocal, koreografi, managemen aktivitas personal hingga diet ketat mereka lakukan dengan penuh semangat. Persiapan yang dilakukan oleh para Idol biasanya  dimulai dengan bergabung di sebuah agensi sejak usia belia. Para Idol diminta untuk menandatangani sebuah kontrak sebelum memulai karirnya.

Beberapa Prestasi

Perhatian dunia terhadap lagu Korea dibuktikan dengan kesuksesan beberapa girlband maupun boyband asal Korea yang cukup dicintai. Beberapa Girlband tersebut di antaranya adalah Wonder girl yang pernah hits di tahun 2007, kemudian Girls Generation, dan Blanckpink yang hingga saat ini telah mengeluarkan lagu-lagu yang popular dan dicintai oleh pecinta musik K-Pop. Boyband Korea seperti Super Junior, Exo, G-Dragon, CN-Blue dan BTS mendapat perhatian dari para penggemarnya di berbagai belahan dunia.

Kepopuleran K-Pop dalam berbagai industri dapat dibuktikan dengan adanya kerja sama beberapa boyband maupun girlband dengan marketplace yang sedang booming di Indonesia. Seperti yang diketahui bahwa Tokopedia melakukan kerja sama dengan BTS, kemudian ada Blackpink dan beberapa gilband lain yang diundang dalam perayaan Shope Mega Shopping day di tanggal tertentu.

Fakta Menarik tentang  K-Pop

Para idol K-Pop harus melunasi tagihan Latihan yang mereka peroleh sebelum debut kepada pihak agensi, sehingga banyak idol yang merasa bahwa mereka harus menjadi “budak” terlebih dahulu untuk mendapatkan posisi di hati masyarakat. Bahkan, para idol tidak mendapat uang dari beberapa konser pertama untuk menutup hutang mereka kepada agensi. Agensi yang berbaik hati dan tidak membebankan uang “trainee” kepada para idol yang baru debut adalah SM dan JYP entertainment.

Para idol melakukan berbagai kompetisi untuk menempatkan nama mereka pada posisi yang “aman”. Selama enam belas hari CN-Blue berhasil mendapatkan trofi pertama mereka di KBS Musik Bank. Girl band Blanckpink hanya memerlukan waktu tigabelas hari untuk untuk memenangkan trofi pertama mereka di SBS. Sebagai Girl Band yang cukup popular Blackpink sempat berkolaborai dengan Selena Gomez untuk menyanyikan lagu Ice Cream yang sempat menduduki tranding 1 di YoutUbe.

Memberi Dampak Positif

Kepopuleran K-Pop membawa pengaruh di berbagai bidang di Korea Selatan. Pengaruh K-Pop ditemukan pada industri film, kecantikan, dan lain sebagainya. Industri Film dan drama Korea menjadi hal yang tak luput disoroti oleh masyarakat luas, apalagi jika idol mereka turut berperan pada suatu judul, tentunya akan memberi pengaruh besar pada rating. Para Idol K-Pop juga mendapat kesempatan untuk kontrak ekslusif dengan bebrapa brand kecantikan di Korea untuk menjadi brand ambassador produknya. Pengaruh Idol K-Pop begitu fantastis karena public tergiur untuk membeli produk kecantikan yang mereka iklankan. Peningkatan omset terus terjadi karena iming-iming kecantikan seperti Idol Korea.

Para penggemar K-Pop di seluruh dunia bisa tergabung dalam sebuah grup atau asosiasi dan saling bertemu melalui media sosial seperti Facebook maupun Twitter. Pertemuan antar fans tersebut memberikan berbagai dampak pada K-Pop. Dampak positifnya adalah adanya sebuah pembuktian bahwa K-Pop bisa mempertemukan dan mendekatkan yang jauh dalam satu aliran musik yang sama, seperti contoh adalah ARMY (penggemar BTS) yang saling tolong menolong dalam suatu situasi bahkan tak jarang para ARMY membuat penggalangan dana untuk kegiatan kemanusiaan di negara mereka masing-masing. Adanya ikatan dan kekuatan persaudaraan yang dimiliki oleh para penggemar K-Pop membuatnya lebih terkenal dan cemerlang di tingkat Internasional.

Meski telah memberikan penampilan terbaiknya, Idol K-Pop belum tentu mendapat feedback positif dari masyarakat penikmat musik mereka, bahkan seringkali mendapat “bullyan” yang membuat sang Idol merasa tertekan dan memiliki keinginan untuk bunuh diri. Tekanan yang dialami oleh Idol tidak semata-mata berasal dari fans, tapi juga dari agensi dan diri mereka sendiri yang merasa takut tersaingi dengan para bintang baru.

 

Sumber:

https://www.bbc.com/culture/article/20190529-how-did-k-pop-conquer-the-world

https://www.washingtonpost.com/arts-entertainment/interactive/2021/kpop-bts-youtube-twitter-blackpink/

https://www.koreaboo.com/lists/21-surprising-kpop-facts-thatll-make-say-wow/

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button