TeknologiTerkini

Penyebab BT Group PHK 55 Ribu Orang digantikan oleh AI

Rembang, Kalasela.id – Perusahaan telekomunikasi Inggris BT Group pada Kamis (18/5/2023) mengumumkanpemberhentian 55.000 karyawan secara bertahap sampai akhir dekade ini dalam upaya mengurangi biaya.

Seperti dilansir BBC Newssekitar seperlima dari jumlah karyawan yang diberhentikan merupakan staf layanan konsumen. Mereka akan digantikan teknologi kecerdasan buatan (AI) .

“Teknologi baru menimbulkan perubahan yang besar”, kata CEO BT Philip Jansen.

Menurut Jansen, instrumen-instrumen generatif AI seperti ChatGPT membuat layanan konsumen menjadi lebih cepat, lebih baik, dan tanpa hambatan.

BT saat ini memiliki 80.000 karyawan di Inggris dan sekitar 20.000 karyawan di luar Inggris. Sebagian besar karyawan yang akan diberhentikan adalah mereka yang berbasis di Inggris

Mr Jansen mengatakan BT akan menjadi “bisnis yang lebih ramping dengan masa depan yang lebih cerah”, dengan rencana perusahaan untuk menyingkirkan antara 40.000 dan 55.000 pekerjaan pada tahun 2030.

Perusahaan memiliki sekitar 80.000 karyawan di Inggris, dan di sinilah sebagian besar pemotongan akan terjadi. Ini memiliki sekitar 20.000 staf di luar negeri.

Ini juga memiliki 30.000 kontraktor, terutama di luar negeri. Banyak dari peran itu akan hilang.

Pemotongan tersebut terbagi menjadi:

  • Lebih dari 15.000 pemotongan saat BT menyelesaikan pembangunan jaringan fiber di Inggris
  • Lebih dari 10.000 karena jaringan Inggris yang baru membutuhkan lebih sedikit perawatan
  • Lebih dari 10.000 menggunakan teknologi baru termasuk AI
  • Sekitar 5.000 dari restrukturisasi

Serikat Komunikasi dan Pekerja (CWU) mengatakan pengumuman BT itu “tidak mengherankan”.

“Pengenalan teknologi baru di seluruh perusahaan, bersamaan dengan selesainya pembangunan infrastruktur serat menggantikan jaringan tembaga, akan selalu menghasilkan biaya tenaga kerja yang lebih sedikit untuk perusahaan di tahun-tahun mendatang,” kata juru bicara CWU.

Tetapi serikat pekerja mengatakan ingin BT mempertahankan sebanyak mungkin karyawan intinya, dengan pemutusan hubungan kerja yang berasal dari sub-kontraktor “sebagai contoh pertama”, dan melalui peran yang tidak diganti saat orang meninggalkan bisnis.

Pengumuman BT dibuat karena melaporkan penurunan laba sebesar 12% sebesar £1,7 miliar untuk tahun ini hingga April.

Sahamnya turun lebih dari 7% setelah hasilnya jauh dari ekspektasi analis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button