RembangRembang Hari Ini

Penipu 19 Warga Rembang Yang Janjikan Kerja di Luar Negeri Tertangkap

Rembang,kalasela.id- 19 warga Kabupaten Rembang menjadi korban  perdagangan orang.  Mereka tertipu oleh oknum yang menjanjikan pekerjaan sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI)  yang akan dipekerjakan di luar negeri.

Oknum penipu tersebut telah ditangkap oleh jajaran Satreskrim Polres Rembang. Oknum yang sudah ditetapkan sebagai tersangka itu dihadirkan dalam konferensi pers di halaman Mapolres Rembang, Rabu (14/6/2023).

Kapolres Rembang AKBP Suryadi mengatakan tersangka berinisial Y ,51 tahun merupakan warga Desa Banowan, Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang. Y menyertakan syarat biaya administrasi untuk keberangkatan yang ujung- ujungnya tidak jadi.

“Modusnya pelaku membuat pengumuman bahwa dibutuhkan TKI di Malaysia dengan gaji yang dicantumkan dalam pengumuman tersebut,” terangnya.

Ada enam korban yang melaporkan kasus penipuan yang dilakukan oleh Y ke Polres, yang kemudian ditindaklanjuti. Para korban tertipu dari Rp.1 juta sampai dengan nominal yang lebih tinggi.

“Para korban mengaku menyetorkan sejumlah uang nominalnya variatif, ada yang Rp 1 juta, Rp 2 juta sampai nominal tertentu kepada tersangka. Total tersangka dapat mengumpulkan Rp.21 juta dari para korbannya bebernya.

Atas peebuatannya , tersangka dijerat dengan Pasal 2 ayat (1) UU RI Nomor 21 tahun 2007 atau Pasal 81 Jo Pasal 69 UU RI Nomor 18 tahun 2017 tentang perlindungan pekerja migran Indonesia Jo Pasal 53 KUHP. Ancaman hukumannya minimal 3 tahun , maksimal 15 tahun penjara.  (Mcs/Yog)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button