RembangRembang Hari IniTerkini

Pemkab Rembang Terima Penghargaan Badan Publik Informatif Tahun 2022

Rembang, Kalasela.id – Berita Rembang, Pada akhir tahun 2022 Pemkab Rembang terima penghargaan sebagai badan publik kategori Informatif dari Komisi Informasi Jateng.

Penerimaan penghargaan dilakukan pada acara Anugerah Keterbukaan Informasi Badan Publik Tahun 2022 Komisi Informasi Jawa Tengah, di Patra Convention Hotel, Jumat (16/12/2022) malam.

Ketua Komisi Informasi Jateng Sosiawan mengatakan, penerima penghargaan kategori Informatif Kelompok SKPD Provinsi yaitu Dinas Kesehatan Provinsi Jateng, Badan Kesbangspol Provinsi Jateng, BPSDMD Provinsi Jateng, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Jateng, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jateng, Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jateng, Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jateng, Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air dan Penataan Ruang Provinsi Jateng, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Jateng, dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah.

Dinas Kominfo Jateng pada malam penganugerahan itu juga menerima penghargaan khusus, yaitu Panca Adhikarya Tinarbuka, sebagai badan publik yang konsisten mendampingi PPID pelaksana di lingkup provinsi Jateng, sehingga Jateng lima tahun berturut memperoleh penghargaan terbaik tingkat nasional dari Komisi Informasi Pusat.

Penerima penghargaan kelompok Pemerintah Kabupaten/Kota Menuju Informatif yaitu Pemkab Brebes, Pemkab Batang, Pemkab Blora, Pemkab Kebumen, Pemkab Klaten, Pemkab Kudus, Pemkab Rembang, Pemkab Tegal, Pemkab Temanggung, Pemkot Magelang, dan Pemkot Salatiga.

Diterangkan, sebelum menetapkan penerima penghargaan, pihaknya melakukan monitoring dan evaluasi kepada seluruh badan publik. Dari hasil itu, akhirnya keluarlah hasil badan publik tersebut masuk menjadi informatif, maupun menuju informatif, yang mendapat penghargaan.

Dalam kesempatan penganugerahan itu, juga tidak ada pemeringkatan. Karena dasarnya yang dievaluasi hanya ada pada kualifikasinya. Apakah badan publik itu informatif hingga menuju informatif.

“Perwujudan reformasi birokrasi dimaksud, antara lain dalam hal membuka akses atas informasi publik yang berkaitan dengan Badan Publik tersebut untuk masyarakat luas secara cepat, tepat waktu, biaya ringan/ proporsional dan cara sederhana, sebagaimana diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan,” kata Gus Yasin, sapaannya saat membacakan sambutan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button