Pemkab Rembang Target Semua OPD Deklarasi Zona Integritas WBK dan WBBM Tahun 2022

Penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dari korupsi dan menyajikan pelayanan maksimal menjadi keinginan setiap Kepala Daerah termasuk Bupati Rembang Abdul Hafidz dan Wakil Bupati Rembang Mochamad Hanies Cholil Barro”.

Tahun ini ditarget semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melaksanakan deklarasi zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi ( WBK ) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Bupati Hafidz mengatakan semua OPD untuk melaksanakan deklarasi zona integritas tersebut. Setelah deklarasi pihaknya akan melakukan evaluasi.

Bupati tak ingin deklarasi WBK dan WBBM hanya menjadi slogan saja. Komitmen itu harus berkelanjutan sampai kapanpun.

“Tidak akan menerima apapun dari pelayanan kecuali diatur dengan ketentuan yang ada, baik itu langsung maupun tidak langsung. Kalau jalan ini luar biasa, ” ungkapnya.

Yang terbaru, pada Senin (14/6/2022) kemarin, Dinas kesehatan mendeklarasikan sebagai OPD yang berintegritas bebas dari Korupsi dan menjalankan birokrasi yang bersih dan melayanu.

Kepala Dinas Kesehatan, dr. Ali Syafi’i mengatakan pihaknya akan mewajibkan seluruh pegawai memberikan pelayanan maksimal terhadap masyarakat dan tidak menerima apapun dari pengakses layanan.

“Contohnya kita ada layanan untuk pendaftaran calon peserta BPJS, tentu kami harus melayani dengan baik dan cepat serta tidak perlu ditambah pungutan biaya apapun, ” ungkapnya.

Ditambahkan Ali, contoh layanan lainnya yaitu pengurusan perijinan tenaga kesehatan, perijinan sarana prasarana fasilitas kesehatan seperti klinik , rumah sakit dan apotek pihaknya memberikan rekomendasi kepada Dinas Penanaman Modal Pelayanan Satu Pintu ( DPMPTSP ) tidak dengan tambahan biaya apapun.

Selanjutnya terkait pengadaan barang dan jasa, kepada pegawai yang berwenang agar melaksanakan sesuai ketentuan yang ada.

Sudah banyak OPD yang sudah melaksanakan deklarasi zona integritas WBK dan WBBM. Diantaranya kantor Kecamatan Sulang, kecamatan Kaliori, Kecamatan Rembang. Kemudian rumah sakit dr.R.Soetrasno, DPMPTSP, Inspektorat, Dindukcapil , Dindagkop dan UKM, Dinsos PPKB dan Bappeda. (MIP)