RembangRembang Hari IniTerkini

Pemkab Rembang akan Merelokasi 11 Keluarga Terdampak Tanah Gerak

Rembang, Kalasela.id – Berita Rembang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang mengkonfirmasi akan merelokasi 11 keluarga terdampak bencana tanah gerak di Desa Sumberjo. Sebelumnya hanya tiga keluarga yang akan direlokasi, namun berkembang menjadi 11 keluarga berdasarkan pengamatan kondisi terkini dan analisa yang dilakukan oleh tim BPBD Jateng.

Dalam pertemuan yang digelar di Balai Desa Sumberjo, Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman (DPKP) Rembang, Agus Salim mengatakan bahwa Pemkab akan membangun rumah bertipe 21 dengan dua kamar tidur. Rencananya rumah tersebut akan dibangun di tanah desa yang bertempat di Bong Cina RW 02 .

Terkait pengerjaan rumah hunian untuk 11 warga terdampak, diperkirakan selesai dibangun paling lambat dalam tiga bulan mendatang. Namun pemkab tetap berupaya agar pembangunan rumah hunian tetap (huntap) tersebut dapat segera selesai.

Pada pertemuan tersebut juga disampaikan mekanisme pembiayaan. Menurut Agus Salim terdapat sejumlah alternatif pembiayaan kegiatan pembangunan ini. pertama, menggunakan APBD Kabupaten Rembang. Kedua, melalui kerjasama dengan pihak ketiga seperti dana Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan.

“Anggaran rumah hunian bagi korban tanah gerak bisa dari APBD atau CSR. Intinya kami berharap itu bisa segera diselesaikan agar ditempati,” ungkap Agus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button