RembangRembang Hari Ini

Pemkab Rembang Adakan Pelatihan SEO Bagi Admin OPD

Rembang (Kalasela.id) – Berita Rembang, Sebanyak 40 petugas admin web Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Rembang mengikuti pelatihan Search Engine Optimization (SEO) di ruang audio visual komplek museum RA Kartini, Rabu (16/11/2022).

Search Engine Optimization (SEO) adalah teknik mengoptimasi website agar mendapat rangking teratas di hasil pencarian Google. Sebuah tulisan atau materi yang menarik,harus diimbangi dengan tools yang tepat agar dapat optimal tampil di Google.

Narasumber yang didatangkan dalam pelatihan itu yakni Lutfi Al Fatih, seorang digital content strategic. Materi yang di sampaikan pakar Lutfi Al Fatih dalam workshop pelatihan dasar jurnalistik dan pemanfaatan SEO.

Peserta yang terdiri dari  40 perwakilan petugas admin web Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ini mendapatkan pembekalan tentang cara kerja jurnalis.

Pada pelatihan ini pakar yang menyampaikan materi dasar jurnalistik, menjelaskan bagaimana cara menulis yang baik. Mulai dari perencanaan liputan, memilih angle, melakukan riset, mengumpulkan dan menggali bahan, menulis berita, hingga menyuntingnya sehingga menjadi produk berita yang sesuai kaidah jurnalistik.

Selama hampir 3 jam Lutfi secara runut menjelaskan tahap demi tahap apa saja yang perlu dilakukan oleh admin web ketika menginput artikel di website.

Dilangsir dari rembangkab.go.id, Lutfi menuturkan materi yang bisa dibuat artikel oleh OPD disarankan lebih banyak ke tutorial mendapatkan produk layanan publik. Dicontohkan posting artikel tentang cara membuat Kartu Keluarga (KK) untuk anak yang baru lahir.

“Bisa juga artikel tentang tips- tips kesehatan yang bisa ditulis oleh dinas kesehatan. Jadi di sela- sela menulis kegiatan OPD juga membuat artikel yang memiliki value tinggi untuk masyarakat,” ujarnya.

Lutfi menambahkan setelah tentang materi artikel, admin perlu memperhatikan penentuan kata kunci.

“Di dasboard yang pertama kita tentukan kata kunci, selanjutnya kita masukkan ke dalam judul, link, ke dalam gambar jadi gambar itu juga ad kata kuncinya kalau kita tahu.

Kemudian di paragraf pertama dan akhir, tentunya dengan porsi yang pas jangan  terus diulang- ulang nanti malah pembaca bosen, sewajarnya aja nanti jauh lebih optimal, ” terangnya.

Yang tak kalah penting menurutnya setelah artikel di posting harus disebar luaskan ke media sosial. Sehingga dapat meningkatkan branding dari OPD tersebut.

Sementara itu Sub Koordinator Pengelolaan Informasi Publik, Rudy Heryanto menjelaskan kegiatan itu digelar bertujuan agar publikasi yang dilakukan OPD melalui portal rembangkab.go.id bisa semakin banyak dibaca masyarakat.

“Ketika mudah ditemukan di SEO, mesin pencarian google tentu dampaknya semakin banyak yang membaca. Semakin banyak yang membaca, artinya publikasi Pemkab semakin banyak menjangkau masyarakat, “tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button