BusinessTerkini

Pemerintah Mengumumkan Kenaikan Harga Rumah Subsidi

Kalasela.id – Pemerintah baru-baru ini mengumumkan kenaikan harga rumah subsidi sesuai dengan Keputusan Menteri (Kepmen) PUPR Nomor 689/KPTS/M/2023. Keputusan tersebut mengatur tentang batasan luas tanah, luas lantai, dan batasan harga jual rumah subsidi dalam rangka mendukung program kredit/pembiayaan perumahan fasilitas likuiditas, pembiayaan perumahan, serta subsidi bantuan uang muka perumahan.

Alasan Kenaikan dan Rincian Harga Baru Rumah Subsidi

Kenaikan harga rumah subsidi ini berlaku atas dasar pertimbangan kenaikan harga bahan bangunan dan lahan, serta upaya menjaga keterjangkauan bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Meskipun aturan ini mulai berlaku  tahun ini, mereka yang telah memesan rumah subsidi sebelum keputusan ini terbit akan tetap menggunakan harga lama sesuai dengan yang tertuang dalam surat pemesanan rumah.

Berikut adalah daftar harga rumah subsidi terbaru berdasarkan lokasinya:

1. Jawa (kecuali Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) dan Sumatra (kecuali Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Kepulauan Mentawai):
• Tahun 2023: Rp162 juta
• Tahun 2024: Rp166 juta
2. Kalimantan (kecuali Kabupaten Murung Raya dan Kabupaten Mahakam Ulu):
• Tahun 2023: Rp177 juta
• Tahun 2024: Rp182 juta
3. Sulawesi, Bangka Belitung, Kepulauan Mentawai, dan Kepulauan Riau (kecuali Kepulauan Anambas):
• Tahun 2023: Rp168 juta
• Tahun 2024: Rp173 juta
4. Maluku, Maluku Utara, Bali dan Nusa Tenggara, Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi), Kepulauan Anambas, Kabupaten Murung Raya, Kabupaten Mahakam Ulu:
• Tahun 2023: Rp181 juta
• Tahun 2024: Rp185 juta
5. Papua, Papua Barat, Papua Tengah, Papua Pegunungan, Papua Selatan, dan Papua Barat Daya:
• Tahun 2023: Rp234 juta
• Tahun 2024: Rp240 juta

Dengan adanya kenaikan harga rumah subsidi ini, pemerintah berharap dapat mengakomodasi perubahan kondisi pasar dan meningkatnya biaya pembangunan. Meskipun demikian, pemerintah tetap berkomitmen untuk menjaga akses perumahan yang terjangkau bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

Peningkatan harga ini juga merupakan langkah untuk memastikan keberlanjutan program rumah subsidi dan menjaga agar program ini tetap memberikan manfaat kepada mereka yang membutuhkannya. Masyarakat diharapkan untuk memahami dan mengikuti ketentuan yang berlaku sehingga dapat memanfaatkan program ini dengan baik.

Itulah informasi terbaru terkait Pemerintah Mengumumkan Kenaikan Harga Rumah Subsidi. Semoga artikel ini memberikan pemahaman yang lebih jelas dan mudah dipahami mengenai perubahan ini bagi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button