BusinessRembangRembang Hari Ini

Peluang Generasi Z, Ratusan Mahasiswa Belajar Pasar Modal

Rembang, kalasela.id- Universitas YPPI Rembang (UYR) menggelar Sekolah Pasar Modal, Sabtu (29/7/2023). Kegiatan yang diikuti ratusan Mahasiswa  itu menghadirkan Akhmad Nuranyanto , Senior Officer KP BEI Jawa Tengah I dan Alfi Syahri, Financial Manajemen PT. Trimegah Securities.

Kepala Program Studi (Kaprodi) Manajemen UYR, Dian Anita Sari usai kegiatan mengatakan tujuan dilaksanakannya SPM ini untuk memberikan pengetahuan seputar pasar modal kepada mahasiswa. Selanjutnya  mendorong mahasiswa UYR untuk menjadi investor Pasar Modal sejak dini.

“Harapan kita setelah kegiatan ini ada yang mengimplementasikan. Mahasiswa bisa memulai untuk terjun berinvestasi ke pasar modal.”
Menurut Laporan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), data mencatat bahwa dalam periode 2020 sampai akhir 2022, lonjakan jumlah investor saham dan pasar modal melesat. Dari yang awalnya 3 juta investor menjadi 9,45 juta per Agustus 2022.

Antusiasme investor baru ini didominasi oleh generasi Z dan milenial. Hal ini terbukti dari persentase sebesar 60% dari total investor adalah mereka yang berusia dibawah 30 tahun.

Menurut Dian, pasar modal memberikan solusi investasi dengan dana yg tidak banyak. Karena cukup  minimal Rp.100 ribu sudah bisa mulai berinvestasi.

“Mulai Rp. 100 ribu kita sudah bisa buka rekening RDN contohnya. Jadi pas kan kalau mahasiswa mesti investasi di pasar modal, ” ujarnya.

Lebih lanjut,  mahasiswa juga bisa mendapatkan banyak keuntungan dengan  devide dan capital gain. Misalnya dalam jangka panjang sebagian besar harga saham harganya bisa naik jika  disimpan dalam tempo yang lama, sehingga bisa menjadi tambahan penghasilan dikemudian hari.

Dalam seminar tersebut, mahasiswa juga diberikan pengetahuan tentang investasi di pasar saham yang aman. Pasalnya ada beberapa kasus investasi bodong  merugikan banyak orang yang mungkin literasi keuangannya kurang.

Indra Syarifudin, Mahasiswa semester 6 yang mengikuti SPM mengaku lebih mengetahui apa itu pasar modal dan saham. Narasumber juga menjelaskan juga tentang cara membeli dan menjual saham.

“Kita juga dapat penjelasan bagaimana cara mengelola keuangan , keuntungan memiliki investasi saham. Setelah seminar tadi ,saya mau coba berinvestasi, ” ungkapnya.

Dalam kegiatan itu, Muhammad Tahwin selaku Wakil Rektor II,  Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Anik Nurhidayati juga tampak hadir.  Sementara 100 mahasiswa yang mengikuti SPM berasal dari Prodi Manajemen. (Mcs/Yog)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button