Lifestyle

Minuman Terbaik Untuk Buka Puasa

Rembang, Kalasela.id– Bagi orang yang berpuasa, momen berbuka puasa adalah satu dari dua kenikmatan yang diperoleh. Setelah berpuasa sepanjang hari, tubuh membutuhkan nutrisi dan cairan yang cukup untuk mengganti energi yang telah hilang selama berpuasa. Minum adalah salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh setelah berpuasa. Namun, tidak semua minuman baik untuk mengawali momen buka puasa anda. Oleh karena itu, Kalasela.id telah menyusun daftar minuman terbaik untuk buka puasa yang dapat anda coba.

Baca juga : Pilihan Olahraga Saat Berpuasa

Berikut adalah beberapa minuman terbaik untuk buka puasa:

1. Air Putih

Air putih adalah minuman yang paling sederhana dan sehat untuk mengawali buka puasa. Minum air putih dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi, memperbaiki keseimbangan cairan dalam tubuh, dan memperlancar pencernaan.

Sangat baik untuk mengonsumsi minimal delapan gelas air putih atau 2-3 liter dalam sehari untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

2. Jus Buah Segar

Jus buah segar adalah alternatif sehat untuk minuman manis saat buka puasa. Minuman ini dapat memberikan nutrisi dan elektrolit yang penting bagi tubuh.

Buah-buahan yang kaya akan antioksidan seperti jeruk, semangka, dan melon dapat membantu mengurangi peradangan dan membantu tubuh memulihkan diri setelah seharian berpuasa.

Jus buah juga dapat membantu mengatasi dehidrasi dan memberikan energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, perlu diingat untuk memilih jus buah yang tidak mengandung tambahan gula.

3. Es Kelapa Muda

Selain enak dan menyegarkan, es kelapa muda dapat membantu tubuh mengembalikan cairan yang hilang selama berpuasa. Es kelapa mengandung elektrolit alami, seperti kalium dan natrium, yang dapat membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

Es kelapa juga rendah kalori dan lemak, sehingga cocok sebagai pembuka santapan buka puasa. Selain itu, es kelapa juga dapat membantu mengatasi masalah pencernaan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Susu Rendah Lemak

Susu merupakan sumber protein yang baik dan dapat membantu tubuh memperbaiki dan memperkuat jaringan otot setelah berpuasa. Selain itu, Susu juga mengandung kalsium dan vitamin D, yang penting untuk kesehatan tulang. Disarankan untuk mengonsumsi susu rendah lemak untuk menghindari asupan lemak dan kalori yang berlebihan.

5. Air Jahe

Minum air jahe saat perut kosong memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Jahe mengandung senyawa aktif yang disebut gingerol dan shogaol, yang memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan, dan anti-kanker. Air jahe juga dapat membantu tubuh memulihkan diri dari dehidrasi dan kelelahan setelah seharian berpuasa.
Namun, perlu diingat bahwa minum air jahe saat perut kosong dapat memicu iritasi pada beberapa orang, terutama jika mereka memiliki masalah pencernaan seperti asam lambung yang tinggi atau tukak lambung.

6. Teh Herbal

Minum teh herbal saat berbuka puasa dapat menjadi pilihan yang baik karena dapat memberikan manfaat kesehatan yang beragam dan membantu memulihkan tubuh setelah seharian berpuasa. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih jenis teh herbal yang dikonsumsi saat berbuka puasa.

Pilih teh herbal yang rendah kafein seperti peppermint, chamomile, dan lemon ginger merupakan pilihan yang baik karena rendah kafein dan dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi. Hindari teh yang mengandung kafein seperti teh hitam, teh hijau, dan teh oolong mengandung kafein yang dapat meningkatkan risiko dehidrasi dan dapat memperburuk kondisi tubuh saat berpuasa.

Selain itu, sebaiknya anda mengonsumsi teh herbal setelah makan berbuka puasa. Hal ini karena konsumsi teh herbal saat perut kosong dapat menyebabkan perut kembung dan mengganggu proses pencernaan.

Demikianlah daftar minuman terbaik untuk berbuka puasa. Pastikan memilih minuman untuk buka puasa dengan memperhatikan kandungan nutrisi dan kalori dalam minuman tersebut. Hindari minuman yang mengandung gula berlebihan dan kafein yang dapat menyebabkan dehidrasi. Selain itu, pastikan pula untuk mengonsumsi minuman tersebut dalam jumlah yang cukup dan seimbang dengan asupan makanan lainnya untuk menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang menjalankan ibadah puasa.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button