Sejarah

Mengenal Pura Mangkunegaran, Tempat Pernikahan Putra Presiden Jokowi

Rembang(Kalasela.id)- Pura Mangkunegaran Merupakan istana tempat Raja Mangkunegaran yang telah berdiri sejak 265 tahun yang lalu. Berlokasi di kecamatan Banjarsari Kota Surakarta, Pura Mangkunegaran menjadi tempat yang penting dalam menjaga budaya. Beberapa waktu yang lalu Pura Mangkunegaran telah memiliki tuan baru yaitu KGPAA Mangkunagoro X yang dilantik sebagai Raja Kadipaten Mangkunegaran.

Pura Mangkunegaran juga turut dijadikan sebagai salah datu tempat berlangsungnya acara pernikahan putra Presiden Joko Widodo yakni Kaesang Pengarep dengan Erina S Gudono pada tanggal 11 Desember 2022.

Sejarah Singkat Pura Mangkunegaran

Usia yang telah mencapai ratusan tahun, Pura ini memiliki sejarah panjang dari awal berdirinya. Situs resmi Pura Mangkunegaran, Raden Mas Said yang bergelar Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara I menjadi pendiri sekaligus Raja pertama Kadipaten Mangkunegaran yang berkedudukan di Pura Mangkunegaran. Kadipaten Mangkunegaran berdiri sebagai hasil dari perjanjian Salatiga yang melibatkan Sunan Pakubuwana III dengan Raden Mas Said yang disaksikan oleh perwakilan Sultan Hamengkubuwana I dan VOC.

Sejak berdirinya hingga tahun 1946, Kadipaten Mangkunegaran adalah kerajaan otonom yang posisinya di bawah Kasunanan Surakarta dan Kasultanan Ngayogyakarta. Sebagai kerajaan otonom, Kadipaten Mangkunegaran berhak untuk memiliki tentara sendiri yang independen dari Kasunanan.

Setelah Indonesia merdeka atau lebih tepatnya pada September 1946, Mangkunegara VIII menyatakan bahwa Kadipaten Mangkunegaran bergabung dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Namun adanya revolusi sosial di Surakarta mengakibatkan Mangkunegaran kehilangan kedaulatannya. Meski saat ini Mangkunegaran telah kehilangan kedaulatannya, fungsi sebagai penjaga budaya tetap dijalankan melalui keberadaan Pura Mangkunegaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button