FoodsLifestyle

Mengenal Perbedaan Kue Pancong, Rangi, Bandros, dan Gandos

Menyelami Kelezatan Empat Kue Tradisional Indonesia yang Serupa

Kalasela.id – Warisan kuliner Indonesia yang kaya terus memikat lidah orang-orang dari berbagai penjuru dunia. Di antara berbagai makanan tradisional yang lezat, ada empat jenis kue yang sering kali tampak mirip, namun memiliki perbedaan yang mencolok dalam hal bahan, tekstur, dan rasa. Mari kita mengenal lebih dekat perbedaan antara Kue Pancong, Kue Rangi, Bandros, dan Gandos.

1. Kue Pancong

Kue Pancong adalah camilan tradisional yang berasal dari Jakarta. Bahan utamanya terdiri dari tepung beras, santan, garam, gula pasir, dan kelapa parut. Kue Pancong memiliki cetakan cekung yang dalam, serupa dengan kue pukis, tetapi lebih besar. Ciri khasnya adalah tekstur yang renyah dan garing, berkat campuran santan. Rasanya lebih condong ke arah gurih dan asin.

2. Kue Rangi

Kue Rangi juga merupakan makanan khas Betawi yang sering tertukar dengan Kue Pancong. Namun, ada perbedaan yang mencolok. Kue Rangi terbuat dari tepung tapioka, gula merah, dan air. Teksturnya kenyal dan lembut, dan ciri khasnya adalah rasa manis karena menggunakan gula merah sebagai topping sausnya.

3. Bandros

Bandros adalah kue tradisional asal Sunda, Jawa Barat. Bahan utamanya mencakup tepung beras, kelapa parut, gula merah, garam, dan daun pandan. Bandros memiliki tekstur yang padat dan kenyal. Rasanya umumnya manis karena gula merah menjadi bagian integral dari adonan ini.

4. Gandos

Gandos berasal dari Jawa Tengah memiliki bentuk seperti  Kue Pancong tapi dengan karakteristik yang berbeda. Bahan-bahan utamanya terdiri dari tepung beras, garam, gula pasir, kelapa parut, telur ayam, dan santan. Uniknya, sebagian tepung beras dimasak terlebih dahulu hingga seperti bubur, kemudian dicampur dengan sisa bahan. Gandos cenderung memiliki rasa yang manis, tetapi bisa lebih manis jika ditambahkan gula pasir di atasnya.

Itulah perbedaan antara kue pancong, kue rangi, bandros, dan gandos. Dengan memahami perbedaan ini, kamu dapat lebih mudah mengidentifikasi dan menikmati masing-masing jenis kue sesuai dengan preferensi rasa dan tekstur kamu. Semua kue ini adalah bagian yang berharga dari warisan kuliner tradisional Indonesia yang terus memikat banyak orang dengan kelezatannya.

Setiap gigitan dalam kue-kue ini adalah mampu membawa kita ke dalam perjalanan tradisi kuliner yang kaya dan beragam dan mengingatkan kita akan keindahan serta kelezatan makanan tradisional Indonesia yang telah ada selama berabad-abad. Jadi, saat kamu memiliki kesempatan, jangan ragu untuk mencicipi semua kue ini dan rasakan kelezatanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button