Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut

Dilangsir dari Alodokter ,Selain untuk kulit ada pula manfaat lidah buaya untuk rambut. Tanaman ini mengandung beragam nutrisi dan senyawa aktif yang baik bagi kesehatan dan pertumbuhan rambut. Untuk mengetahui lebih jelasnya, mari simak ulasan berikut.

Banyak produk perawatan tubuh menggunakan ekstrak aloe vera atau lidah buaya sebagai bahan utamanya. Hal ini karena tanaman tropis tersebut memiliki segudang manfaat untuk kulit. Menariknya, manfaat lidah buaya untuk kulit tersebut bisa didapatkan baik itu dari luar maupun dari dalam dengan cara dikonsumsi. Dengan memanfaatkan lidah buaya, Anda bisa menjaga mendapatkan kulit yang lembap dan terhidrasi dengan baik. Lalu, apa saja manfaat aloe vera yang bisa Anda dapatkan? Temukan jawaban selengkapnya di artikel ini.

 Dari Sinilah Manfaat Aloe Vera Berasal

Wajar saja bila lidah buaya atau aloe vera memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Sebab, tanaman ini ternyata kaya akan vitamin dan berbagai mineral baik yang penting bagi tubuh. Berikut ini beberapa kandungan aloe vera yang menjadikannya sangat bermanfaat, khususnya bagi kesehatan tubuh dan kulit.

  • Vitamin B: Daging lidah buaya mengandung vitamin B yang bermanfaat menghilangkan nyeri pada bagian saraf dan otot.
  • Vitamin B12: Aloe vera memiliki kandungan vitamin B12 yang cukup tinggi. Padahal umumnya, vitamin jenis ini hanya ditemui pada bahan makanan hewani.
  • Vitamin E: Kandungan ini menjadikan aloe vera baik untuk meningkatkan imunitas kulit dan reproduksi.
  • Asam folat: Aloe vera cocok dikonsumsi ibu hamil, karena mengandung asam folat yang mengandung banyak nutrisi untuk ibu dan janin.
  • Mineral: Aloe vera mengandung mineral yang cukup lengkap, seperti kalsium, sodium, magnesium, kromium, selenium, zinc, dan potassium mangan.
  • Antioksidan: Antioksidan dalam aloe vera terbilang tinggi. Hal ini membuat lidah buaya bisa melindungi kulit dari sinar UV.
  • Antiinflamasi: Enzim dalam aloe vera yang disebut Bradykinase berfungsi sebagai zat antiinflamasi. Fungsi antiinflamasi dalam aloe vera semakin diperkuat dengan kandungan asam lemak, asam salisilat, dan hormon auksin dan giberelin yang dimilikinya.

Lidah buaya merupakan tanaman berdaun tebal dengan tekstur daging buah yang menyerupai gel. Tanaman ini bisa dengan mudah ditemukan di mana saja, bahkan Anda pun bisa menanamnya sendiri di rumah.

4 Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut - Alodokter

Lidah buaya telah digunakan selama berabad-abad untuk mangatasi berbagai masalah kulit dan rambut. Anda bisa menggunakannya langsung dengan memotong bagian daun dan mengambil daging buahnya atau membeli produk dengan kandungan lidah buaya di dalamnya.

Beragam Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut

Ada beberapa manfaat lidah buaya untuk rambut yang bisa Anda peroleh dengan memakainya secara rutin, di antaranya:

1. Memperkuat dan mendorong pertumbuhan rambut

Lidah buaya sangat dikenal dengan manfaatnya untuk memperkuat dan merangsang pertumbuhan rambut yang sehat. Manfaat ini diketahui berasal dari kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan senyawa kimia aloenin di dalamnya.

Selain itu, vitamin B12 dan asam folat di dalamnya diketahui juga dapat menjaga rambut agar tidak mudah rontok. Meski begitu, manfaat lidah buaya dalam mencegah kerontokan rambut masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

2. Merawat rambut berminyak

Lidah buaya memiliki enzim yang mampu memecah lemak. Karena kemampuannya ini, lidah buaya bisa dijadikan sebagai bahan alami yang dapat menghilangkan minyak berlebih pada rambut dan kulit kepala sehingga rambut tidak tampak lepek.

Tidak seperti produk perawatan rambut yang menggunakan bahan kimia tertentu, penggunaan lidah buaya umumnya aman dan tidak merusak rambut. Oleh karena itu, daging buah dari tanaman ini bisa dijadikan sebagai perawatan alami untuk rambut berminyak agar rambut terlihat lebih sehat, lembut, dan berkilau.

3. Memperbaiki rambut kering yang rusak

Tak hanya untuk rambut berminyak, lidah buaya juga bisa digunakan untuk merawat rambut kering yang rusak. Manfaat ini dapat diperoleh dengan menggosok lidah buaya ke kulit kepala dan rambut, membiarkannya selama satu jam, kemudian membilasnya dengan sampo

Selain merawat rambut kering, lidah buaya juga dipercaya dapat memperbaiki kerusakan rambut, misalnya akibat paparan sinar matahari.

Kandungan kolagen dan vitamin B pada lidah buaya biasanya digunakan untuk mengatasi masalah pada kulit. Nah, khasiatnya ini dipercaya bisa bekerja untuk memperbaiki kerusakan pada rambut.

4. Mengatasi dermatitis seboroik

Manfaat lidah buaya untuk rambut yang juga tak boleh dilewatkan adalah mampu mengatasi kondisi dermatitis seboroik. Kondisi ini merupakan peradangan pada kulit kepala yang menyebabkan ketombe, kemerahan di kulit, gatal, serta kondisi kulit kepala kering dan bersisik.

Jika Anda mengalaminya, cobalah oleskan lidah buaya ke kulit kepala dan rambut secara rutin. Sebuah studi menemukan bahwa bahwa lidah buaya cukup efektif dalam mengurangi gejala dermatitis seboroik karena kandungan asam lemak di dalamnya yang bersifat antiradang.

Itulah berbagai manfaat lidah buaya untuk rambut yang bisa diperoleh. Meski hingga kini masih belum ada bukti klinis yang kuat untuk mendukung manfaat lidah buaya untuk rambut, tanaman ini dinilai aman bagi kebanyakan orang. Namun, jika Anda alergi terhadap lidah buaya, Anda harus menghindari penggunaannya.

Jika Anda berencana membeli dan menggunakan gel lidah buaya, pilihlah produk yang mengandung 100% lidah buaya tanpa bahan tambahan, seperti parfum dan alkohol.

Dalam penggunaan lidah buaya untuk rambut, Anda bisa oleskan gel lidah buaya langsung ke rambut dan kulit kepala, biarkan selama 30 menit, lalu bilas. Perawatan rambut menggunakan lidah buaya membutuhkan waktu yang tidak sebentar agar hasilnya bisa terlihat.

Jika Anda merasa tidak ada perubahan yang signifikan setelah memanfaatkan lidah buaya untuk rambut, Anda bisa berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan saran perawatan dan penanganan yang tepat mengenai keluhan terkait kesehatan rambut Anda.

5.Mencegah Tanda Penuaan

Seiring bertambahnya usia, garis-garis halus dan kerutan akan mudah muncul. Hal ini juga disebabkan kondisi kulit yang mulai kehilangan kelembapan serta elastisitasnya. Tetapi, Anda bisa mencegah tanda penuaan sejak dini dengan menggunakan aloe vera. Kemampuan aloe vera untuk melembapkan sekaligus membantu mengangkat sel kulit mati dipercaya dapat mencegah tanda penuaan.

6. Penyembuh Luka

Lidah buaya populer digunakan sebagai obat alami untuk membantu penyembuhan luka, seperti goresan dan luka bakar. Sifat antimikroba pada aloe vera menjadikannya efektif untuk membersihkan dan mengurangi risiko infeksi luka. Itu sebabnya, lidah buaya juga populer digunakan untuk membantu menyembuhkan kulit terbakar akibat sinar matahari.

7. Efektif Melembapkan Kulit

Cenderung tumbuh di iklim tropis, daun lidah buaya memiliki kemampuan untuk menyimpan sejumlah besar air agar tidak kering. Itu sebabnya, lidah buaya dapat tetap tumbuh subur bahkan di lingkungan yang memiliki kondisi panas intens sekalipun. Berkat kemampuan ini, gel yang terkandung dalam daun aloe vera sering digunakan sebagai dasar produk farmasi, karena dapat melembapkan dan menghidrasi kulit.

8. Menenangkan dan Menghidrasi Kulit

Banyak orang lupa bahwa kulit adalah organ yang memainkan peran sangat penting dalam memastikan tidak ada racun, bahan kimia, kuman, atau kontaminan asing yang masuk ke dalam tubuh. Hanya karena tidak ada luka menganga, tidak berarti  kulit Anda tidak memerlukan perlindungan. Agar dapat melakukan fungsi proteksi secara sempurna, Anda harus selalu menjaga kondisi kulit, termasuk agar tidak tegang dan terhidrasi baik. Sebab, kulit kering lebih mudah terkena iritasi dan dapat menimbulkan ruam atau luka sobek. Dengan menggunakan produk berbasis lidah buaya, Anda dapat memastikan bahwa kulit tetap terhidrasi dan bersih setiap saat.

9. Mengurangi Stretch Mark

Ketika kulit mulai mengendur atau merenggang, seperti selama kehamilan atau karena kenaikan berat badan yang cepat, elastisitasnya menjadi berkurang. Hal ini menimbulkan kerutan atau tanda-tanda peregangan yang akrab disebut stretch mark.  Hal ini bisa diatasi dengan menggunakan sabun berbahan dasar aloe vera setiap harinya.