TerkiniUmum

Makna dan Konsep Visual Logo HUT Ke-78 Republik Indonesia

Kalasela.id– Kurang dari sebulan lagi, Republik Indonesia akan merayakan hari kemerdekaannya yang ke-78. Setiap peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia selalu berisikan kegembiraan dan penghargaan atas perjuangan para pahlawan yang telah berjuang untuk meraih kemerdekaan negara ini. Salah satu elemen penting dalam perayaan ini adalah logo khusus yang mencerminkan semangat dan tema besar acara tersebut.

Pada peringatan HUT ke-78 Republik Indonesia, Presiden Joko Widodo memilih logo karya Katarina Monika yang memiliki makna dan konsep visual yang mendalam. Logo ini menggabungkan angka tujuh dan delapan dengan warna merah solid untuk mewakili tema besar peringatan ini, yaitu “Terus Melaju untuk Indonesia Maju.”

Makna dan Filosofi Logo

1.  Estafet
Garis padat horizontal pada angka tujuh menggambarkan nilai estafet yang menandakan kolaborasi dan gotong royong. Seperti dalam olahraga estafet, setiap elemen bangsa bergerak bersama dalam satu irama, satu asa, dan satu bangsa menuju Indonesia Maju.

2. Pancasila
Lima garis melengkung yang membentuk angka delapan merefleksikan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar bernegara dalam proses pergerakan maju.

3. Keberlanjutan
Perpaduan garis padat dan garis-garis yang tidak terputus pada angka delapan melambangkan keberlanjutan progres pembangunan. Bangsa Indonesia diharapkan terus bergerak maju dan melibatkan seluruh elemen masyarakat untuk mencapai tujuan bersama, yaitu membangun bangsa yang adil, makmur, dan sentosa.

4. Terus Maju
Angka tujuh yang membentuk arah panah ke atas menggambarkan gerak maju yang progresif menuju Indonesia Maju.

5. Tanggung Jawab Bersama
Garis padat dan garis-garis yang berubah bentuk melambangkan tujuan yang sama dengan latar belakang bangsa Indonesia yang beragam. Ini mencerminkan rasa tanggung jawab bersama seperti semangat olahraga estafet yang membutuhkan kolaborasi dari setiap elemen bangsa untuk maju bersama menuju Indonesia Maju dengan semangat Bhineka Tunggal Ika.

6. Globalisasi
Bentuk bulat pada angka delapan merepresentasikan pola pikir global atau globalisasi. Pembangunan yang berorientasi pada kemajuan kesejahteraan rakyat dan menciptakan sumber daya manusia unggul yang mampu bersaing di panggung dunia.

Konsep Visual Logo

Logo ini menampilkan elemen-elemen berupa garis-garis dan angka delapan dengan warna merah solid. Pemilihan warna merah sebagai representasi semangat dan keberanian dalam menghadapi tantangan. Garis-garis pada logo mencerminkan keberagaman bangsa Indonesia dan semangat bergerak maju bersama. Keseluruhan elemen logo ini berpadu secara harmonis untuk menciptakan visualisasi yang tegas, stabil, lugas, dan bersatu, menggambarkan semangat melaju menuju Indonesia Maju.

Nah, itulah makna dan konsep visual dari logo HUT ke-78 Republik Indonesia. Mari kita rayakan Hari Kemerdekaan ke-78 dengan semangat kebangsaan dan semangat perjuangan untuk terus melaju menuju masa depan yang lebih baik. Dirgahayu Republik Indonesia!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button