Logo Google Chrome Akhirnya Diperbarui Setelah 8 Tahun

Setelah sekian lama akhirnya browser Google Chrome kini akan merubah desain logonya setelah hampir 8 tahun tahun menggunakan logo yang sama, di lihat sekilas, mungkin sebagian pengguna tidak akan melihat perbedaan yang signifikan di logo Google Chrome yang baru ini, dengan logo yang sebelumnya. Pasalnya, pembaruan logo Google Chrome tersebut memang tergolong minor.

Perubahan di logo yang baru  ini, Google Chrome  memang tidak sebesar saat Google merombak logo tiga dimensi yang dirilis 2008 lalu. Dalam pembaruan kali ini, Google mengubah detail kecil yang terdapat pada logo browser tersebut. Hal ini diungkapkan oleh desainer Google, Elvin Hu. Melalui sebuah unggahan di Twitter, ia menjelaskan bahwa ada beberapa elemen yang diganti di logo Google Chrome.

Menurut Hu, ia mencoba menyerdehanakan desain Google Chrome dengan menghapus shadow (bayangan) yang sebelumnya terdapat di setiap pertemuan antar warna dalam logo.

Selanjutnya, Hu juga mengubah komposisi warna logo menggunakan pilihan warna yang lebih cerah. Pilihan warna tersebut rupanya sengaja digunakan Hu untuk memberikan kesan yang lebih mencolok.

“Kami menyederhanakan logo dengan menghilangkan bayangan, menyempurnakan proporsi, dan mencerahkan warna, untuk menyelaraskan dengan Google yang lebih modern,” tulis Hu melalui akun Twitter @elvin_not_11.

Perubahan lainnya dapat dijumpai di bagian tengah logo. Ikon bola biru yang ada di tengah-tengah logo Google Chrome kini diubah ke ukuran yang sedikit lebih besar.

Terakhir, Hu juga menambahkan detail kecil di antara pertemuan warna hijau dan merah di logo Google Chrome. “Kami juga mendapati bahwa menempatkan nuansa warna hijau dan merah di antara satu sama lain menciptakan perpaduan warna yang kurang cocok, jadi kami memperkenalkan gradien yang sangat tipis ke logo untuk menguranginya, membuat ikon lebih mudah diakses,” lanjut Hu.

Hu juga memberikan penyesuaian khusus untuk logo Google Chrome yang terpasang di setiap sistem operasi yang berbeda.

Logo Google Chrome di perangkat berbasis Windows 10 dan 11 misalnya, gradien warna logo akan terlihat lebih terang dari biasanya.

Lalu logo Chrome di ChromeOS, warna yang tampil akan lebih cerah, namun tanpa disertai gradien. Hal ini, menurut Hu, sengaja dilakukan agar senada dengan tampilan ikon pada aplikasi lainnya. Khusus di macOS, logo Google Chrome akan terlihat lebih 3D.

Sementara pada aplikasi versi Beta dan Dev, Hu turut menyertakan ikon pita untuk membedakan dengan aplikasi versi publik. Sebagai contoh, pita dengan huruf B akan mewakili “Beta”, sementara huruf D akan mengindikasikan browser khusus “Dev”.

Hu juga akan menerapkan perubahan desain logo Google Chrome pada perangkat iOS. Pada aplikasi versi Beta, Google Chrome akan hadir dengan ikon berwarna biru, menandakan bahwa browser tersebut diperuntukkan bagi pengembang aplikasi.

“Kami menyesuaikan pengalaman Chrome untuk setiap OS, dengan fitur seperti Native Window Occlusion di Windows, dukungan M1 pada peluncuran perdananya di macOS, Widget di iOS/Android, dan Material You di Android. Kami ingin merek kami menyampaikan tingkat kepedulian yang sama,” ungkap Hu.

ikon google chrome ini,baru akan muncul di rencana pembaruan  dan akan tersedia di semua platfrom dan di dalam berbagai fitur browser dalam bebraapa bulan kedepan.

peluncuran yang lebih luas akan bertepatan dengan chrome(versi)100 pada akhir maret 2022.