RembangRembang Hari Ini

Lima Kantor Kecamatan Sudah Bisa Cetak E-KTP Sendiri, Warga di Kecamatan Lain?

Rembang, kalasela.id- Halo warga Rembang, ada kabar menggemberikan nih!! Sekarang sudah ada lima kantor kecamatan di Kabupaten Rembang yang sudah bisa mencetak E-KTP sendiri.

Ke lima kecamatan itu yakni Kecamatan Pancur , Lasem, Pamotan, Sedan dan Kecamatan Kragan. Artinya warga di lima kecamatan itu sudah tidak perlu lagi ke Rembang untuk pencetakan E-KTP nya.

Lalu bagaimana yang berada di kecamatan yang belum ada mesin cetak E-KTP nya?  Kepala Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Rembang, Suparmin mengatakan masih bisa mencetak di kecamatan terdekat.

“Bagi warga yang tinggal di kecamatan Sluke, Gunem, Sale dan Sarang bisa mencetak di 5 kecamatan yang telah memiliki mesin cetak E-KTP. Sedangkan warga di Kecamatan Rembang, Sulang, Kaliori, Sumber dan Kecamatan Bulu bisa melakukan pencetakan E-KTP di Kantor Dindukcapil atau di Mall Pelayanan Publik (MPP), ” terangnya.

Lebih lanjut, Suparmin mengungkapkan mesin cetak E-KTP itu merupakan pengadaan pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) induk Kabupaten Rembang tahun 2023. Harga per unit mesinnya berkisar Rp. 60 jutaan.

Untuk ke sembilan kecamatan lain yang belum menerima mesin cetak E-KTP, Suparmin menyebut mengusulkannya di APBD Perubahan 2023. Sehingga sesegera mungkin atau 2023 ini semua layanan cetak E-KTP sudah bisa terlayani di kantor kecamatan masing masing.

“Muda-mudahan disetujui, biar pengurusan KTP tidak terkonsentrasi di Rembang. Langkah ini untuk memperpendek birokrasi, biar yang jauh-jauh nggak datang ke Rembang, kasihan soalnya, “ ujarnya.

Secara terpisah, Kepala Seksi Pemerintahan Dan Pelayanan Publik, Maruli Dwi Ronisa mengungkapkan di kecamatan Pancur setelah mesin cetak E-KTP disetting dan siap digunakan, pihaknya langsung membuka pelayanan. Sebelumnya  sosialisasi dilakukan melalui Pemerintah Desa (Pemdes)  bahwa saat ini warga sudah bisa mencetak E-KTP di kantor kecamatan.

“Yang bertugas melakukan pelayanan E-KTP di sini 2 orang. Saya dan staf. Warga di sini menyambut baik, mereka langsung datang ke kantor Kecamatan tidak perlu  ke Rembang, “ tuturnya.

Maruli menambahkan selain mesin cetak KTP, Kantor Kecamatan Pancur juga menerima 100 blangko KTP elektronik. Saat ini tinggal 48 blangko E-KTP.

“Kami melayani 21 Maret kemarin, per hari ini, Selasa pagi (4/4/2023) sudah  mencetak 52 keping, sisa 48 keping, “ tandasnya. (REN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button