BusinessRembangTerkini

Lima BUMD Setor Dividen, Dua Lainnya Masih Nihil

Bank Rembang dan PT RBSJ gagal setor dividen tahun 2022

Rembang, Kalasela.idBerita Rembang, tahun ini lima Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) menyetorkan dividen alias keuntungan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang. Dividen yang disetor merupakan keuntungan yang diperoleh perusahaan hingga tahun 2022.

Dilansir dari suaramerdeka.com , perusahaan yang memberikan dividen terbanyak masih termasuk dalam sektor perbankan. Tahun ini Bank Jateng kembali menjadi BUMD dengan setoran dividen paling tinggi dibandingkan perusahaan lainnya. Besaran dividen yang diserahkan Bank Jateng kepada Pemkab Rembang sebesar Rp 8,34 Miliar.

Posisi kedua ditempati oleh PT BPR BKK Lasem yang menyetorkan dividen untuk Pemkab Rembang sebesar Rp 3,47 Miliar. Jumlah dividen yang disetor oleh Bank Jateng dan BKK Lasem jauh melampaui jumlah setoran dividen BUMD lain.

Tempat ketiga diisi oleh BUMD baru, PT Rembang Migas Energi (RME). PT RME tahun 2022 berhasil menyetorkan dividen sebesar Rp 746 Juta ke Pemkab Rembang. Meski tergolong BUMD baru, dividen yang disetor oleh PT RME ternyata jauh melampaui jumlah setoran dividen ANEKA PERUSDA dan PDAM Banyumili Rembang.

ANEKA PERUSDA tahun 2022 menyetorkan dividen sebesar Rp 100,87 Juta. Sementara itu, PDAM Banyumili Rembang berada pada urutan paling buncit dalam daftar BUMD yang setor dividen tahun 2022. Laporan BPPPKAD menyebutkan bahwa perusahaan air minum daerah yang dimiliki Pemkab ini hanya setor dividen sebesar Rp 41,12 Juta.

Sayangnya, dalam laporan tersebut tidak tercantum nama PT RBSJ dan Bank Rembang. Hal ini dapat diartikan bahwa dua BUMD ini tidak berhasil menyetor dividen untuk Pemkab Rembang.

Perihal gagalnya PT RBSJ menyetorkan dividen tahun 2022, Direktur Utama PT RBSJ Jalaludin menjelaskan bahwa perusahaan masih fokus untuk menyelesaikan permasalahan hukum dan hutang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button