Lentera Kisik Plawangan: Tempat Nyaman untuk Membunuh Waktu

“Lentera Kisik” dikelola secara berbeda dengan tempat wisata kebanyakan. Mengambil konsep wisata edukasi, pengelola di sana fokus bagaimana tempat itu bisa menjadi alasan menjaga lingkungan sekaligus memberikan kesempatan masyarakat, terutama anak-anak, bisa mengakses banyak sekali bentuk literasi. Mulai dari perpustakaan hingga beragam kegiatan edukasi yang sudah disiapkan.

Lokasinya ada di desa Plawangan, Kecamatan Kragan, Kabupaten Rembang. Bulan April tahun 2022 ini memasuki tahun kedua. Menandai dua tahun gerak bersama pemuda lokal melambungkan nama desanya, menandai dua tahun perjuangan melestarikan lingkungan dan menandai perjalanan pengelolaan wisata yang baru saja dimulai.

Ada banyak bentuk “refreshing” yang ditawarkan di tempat wisata ini. Bagi orang yang gemar membaca, pergi ke perpustakaan “Lentera Kisik”, mengambil beberapa buku dan membacanya di gasebo yang terletak di pinggir pantai adalah pengalaman yang mahal. Perpustakaan di sana berisi ribuan buku dari beragam kategori. Bacaan serius hingga komik anak-anak tersedia untuk dibaca kapan saja. Tentunya ketika perpustakaan itu buka.

Pengunjuk cilik perpustakaan Lentera Kisik
Pengunjuk cilik perpustakaan Lentera Kisik

Di sudut lain pantai ini ada panggung kecil yang sering digunakan ketika ada pertunjukan atau kegiatan lainnya. Paling baru di sana sempat diadakan loka karya eco-print yang melibatkan anak-anak sekitar. Dalam waktu dekat, ketika perayaan ulang tahun yang kedua akan diselenggarakan festival. Saat itu lah panggung ini ramai, entah itu sorak-sorai peserta atau kegembiraan pengelola ketika tempat ini memberikan manfaat bagi banyak orang.

 

Panggung serba guna untuk beragam kegiatan literasi dan kebudayaan

Di sepanjang pantai yang dikelola ada beragam tanaman muda yang disiapkan oleh pengelola. Selain dalam rangka “menghijaukan” bibir pantai, tanaman ini juga bentuk nyata kepedulian warga dan pengelola terhadap keberlangsungan ekosistem di sekitarnya. Kehadiran wisata edukasi di Plawangan tak hanya sekedar latah gerakan desa pariwisata. Ada cita-cita mulia untuk menyelamatkan bibir pantai dari sambah, abrasi dan gangguan lingkungan lain yang sering dijumpai di bibir pantai.

Warga Plawangan sebagian berprofesi sebagai nelayan

Bagi mereka yang mencari pantai untuk kedamaian, di sini mungkin salah satu opsi terbaik di Rembang. Tenang dan cenderung natural. Tidak ada ornamen-ornamen yang mengganggu pemandangan layaknya di wista pantai pada umumnya. Pantai ini sebagaimana pantai pada mestinya. Hanya saja ada beberapa tambahan bangunan untuk kegiatan.