Terkini

Kirab Budaya Kemerdekaan RI, Jadi Hiburan dan Jalan Rejeki

Rembang,kalasela-id – Ribuan warga memadati  sisi kanan kiri jalan dari selatan alun- alun sampai dengan stadion Krida Rembang yang menjadi rute kirab budaya Hari Ulang Tahun (HUT)  Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-78, Sabtu (19/8/2023). Tak hanya  orang yang ingin menonton peserta karnaval saja, tetapi juga banyak pedagang makanan minuman dan mainan yang memanfaatkannya untuk berjualan.

Arak- arakan kirab budaya diawali dari pasukan Paskibraka yang kemudian perwakilan Siswa SD, Guru- guru dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan perwakilan desa wisata. Sejumlah peserta yang menarik perhatian penonton diantaranya puluhan kereta kuda yang dinaiki Bupati Rembang Abdul Hafidz dan istri, Wakil Bupati Mochamad Hanies Cholil Barro’ beserta istri dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Forkopimda) serta Kepala OPD.

Anak- anak tampak menghampiri sejumlah kereta kuda. Mereka mendapat permen dari Bupati, jajan dari Wabup dan minuman dari Kapolres AKBP Suryadi.

Penampilan Marching Band dari SMKN 1 Rembang juga menyita perhatian warga. Terlebih disaat  mereka menampilkan sejumlah atraksi free style.

Selain tentang penampilan peserta kirab budaya, dari sisi warga ternyata membawa manfaat. Selain hiburan memang mendatangkan rejeki bagi banyak orang.

Salah satu warga sekaligus pedagang mencari rejeki di tengah momen kirab budaya yaitu Sinarwati  dari Kelurahan Kutoharjo Kecamatan Rembang. Dia  berjualan sosis dan es teh  di sekitar perempatan zaini yang dilewati arak- arakan kirab budaya.

“Ini jualan ya sekalian nonton,Alhamdulillah laris. Ini jualan sosis bakar dan sate surimi, ” ungkapnya.

Tak hanya pedagang dari Kabupaten Rembang saja, tetapi juga ada sejumlah pedagang dari luar kota.

Keysa penjual es teh dari Kabupaten Blora juga menjajakkan dagangannya persis di perempatan zaini. Banyak penonton kirab budaya yang membeli es tehnya.

“Alhamdulillah lumayan , biasanya kalau ada event- event apalagi sekarang banyak karnaval. Ini sudah laku 30an, ” ujarnya saat sebagian rombongan karnaval baru sebagian melintas di perempatan zaini.

Sementara itu Bupati Hafidz menuturkan kirab budaya menjadi bagian yang tak terpisahkan dari perayaan hari Kemerdakaan RI. Ucapan terimakasih disampaikannya kepada masyarakat yang telah mendukung keberlangsungan bangsa ini.

“Terimakasih kepada masyarakat yang telah mendukung keberlangsungan berbangsa dan bernegara. Yang dibuktikan hari ini kita bersama- sama mengikuti kirab budaya dalam rangka hari jadi Rembang sekaligus hari kemerdekaan Republik Indonesia, ” tandasnya. (Mcs/Yog)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button