TeknologiTerkini

Ketidakadaan Backup: 800 Ribu Data Calon Penerima KIP Hilang

Kalasela.id – Sebanyak 853.393 Data orang yang sudah mendaftar Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah 2024 terkena dampak gangguan di Pusat Data Nasional Sementara 2 Surabaya. Hingga hari ini (1/7), laman KIP Kuliah https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ belum dapat diakses.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyebutkan bahwa 47 layanan atau aplikasi di bidang pendidikan dan kebudayaan terkena dampak gangguan ini, termasuk data calon penerima KIP Kuliah. Akibat hilangnya data tersebut, Kemendikbudristek meminta mahasiswa baru yang sudah mendaftar KIP Kuliah 2024 untuk mengunggah ulang dokumen pendaftaran. Pengunggahan ulang dokumen ini dapat dilakukan mulai 29 Juli.

Gangguan pada Pusat Data Nasional Sementara 2 Surabaya terjadi saat pendaftaran KIP Kuliah jalur mandiri perguruan tinggi sudah dibuka sejak Jumat (7/6). Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Suharti, mengatakan bahwa instansi berusaha mengembalikan layanan KIP Kuliah agar kembali normal.

Baca Juga : Desakan Mundur Menkominfo dan Tantangan Keamanan Siber Nasional

Menanggapi masalah ini, Meutya menyentil pemerintah dengan keras, menyebut bahwa ketidakadaan backup data di Pusat Data Nasional yang diretas bukanlah masalah tata kelola, melainkan kebodohan. Kepala BSSN, Hinsa Siburian, awalnya menyebut bahwa mereka memiliki masalah dalam tata kelola. “Kita ada kekurangan di tata kelola. Kita memang akui itu. Dan itu yang kita laporkan juga, karena kita diminta apa saja masalah kok bisa terjadi, itu salah satu yang kita laporkan,” ujar Hinsa.

Baca Juga : Serangan Ransomware ke PDN, Keteledoran atau Ancaman Nasional?

Namun, Meutya menegaskan bahwa peretasan PDN bukanlah masalah tata kelola. “Kalau enggak ada backup, itu bukan tata kelola sih, Pak, kalau alasannya ini kan kita enggak hitung Surabaya, Batam backup kan, karena cuma 2 persen, berarti itu bukan tata kelola, itu kebodohan saja sih, Pak,” tukas Meutya.

Sekarang, mahasiswa yang sudah mendaftar harus menunggu hingga masalah ini terselesaikan dan layanan KIP Kuliah kembali normal. Jangan lupa untuk mengunggah ulang dokumen mulai 29 Juli agar tetap bisa mendapatkan manfaat dari program KIP Kuliah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kalasela/public_html/wp-includes/functions.php on line 5427

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kalasela/public_html/wp-includes/functions.php on line 5427