TeknologiTerkiniUmum

Kenali Ciri-ciri WhatsApp Disadap Orang Lain

Apakah kamu pernah merasa seseorang mengetahui secara detail isi pesan WhatsApp kamu padahal kamu tidak pernah bertanya kepada siapa pun? Hati-hati, bisa saja WhatsApp kamu sudah disadap atau ‘dibajak’ oleh orang lain. Aktivitas pembajakan WhatsApp saat ini sangat mudah dilakukan.

WhatsApp banyak digunakan karena diklaim memiliki keamanan yang baik dengan enkripsi end to end. Artinya pihak WhatsApp juga tidak bisa mengakses isi percakapan pengguna.

Meski demikian, tidak menutup kemungkinan jika tidak ada nomor WhatsApp kalian bisa diretas atau disadap oleh pihak lain.

Terdapat banyak aplikasi di Google Play Store yang dapat diunduh secara gratis untuk melakukan kegiatan tersebut, sehingga seseorang dapat mengetahui isi pesan melalui perangkat mereka. Oleh sebab itu, untuk mengetahui apakah akun WhatsApp kamu sedang disadap atau tidak, sejumlah tanda-tanda yang harus kamu waspadai, dikutip dari beberapa sumber.

1. Pesan Sudah Terbaca Tanda-tanda yang bisa kamu waspadai adalah ketika kamu merasa menerima pesan dari seseorang, dan kamu belum pernah membukanya, namun pesan tersebut ternyata telah ada tanda terbaca atau bahkan sudah dibalas oleh kamu. Saat itu, kamu perlu curiga bahwa akun WhatsApp kamu telah disadap oleh orang lain.

2. Susah Login Tanda berikutnya adalah kamu kesulitan untuk login. Seperti diketahui, bahwa WhatsApp hanya dapat digunakan oleh satu ponsel saja, sehingga ketika ada nomor ponsel lain yang menggunakan WhatsApp kamu, maka secara otomatis kamu akan sulit untuk masuk. Namun, terkadang tanda ini kurang akurat. Pasalnya, seringkali penyadapan tidak dilakukan menggunakan ponsel, melainkan perangkat keras lainnya seperti laptop. Selama jarak antara ponsel dan leptop saling berdekatan hal tersebut dimungkinkan.

3. Tidak Bisa WhatsApp Panggilan Panggilan suara melalui aku WhatsApp sudah menjadi tren saat ini. Selain gratis, kualitasnya juga sangat bagus karena latensinya rendah. Namun, ketika kamu tidak bisa menggunakan fitur panggilan suara di aplikasi WhatsApp, maka kamu harus berhati-hati karena itu bisa menjadi tanda hape kamu sedang disadap.

4. Baterai Ponsel Boros dan HP Cepat Panas Dua tanda ini bisa menjadi indikasi bahwa ada yang aneh dengan aku whastapp kamu. Meski demikian, kadang-kadang indikasi ini lewat begitu saja depan kita karena kita merasa bahwa hape yang panas dan baterai yang boros disebabkan oleh penggunaan banyak aplikasi secara bersamaan.

5. Dapat Notifikasi Tanda terakhir yang mungkin dapat ditemukan kamu bahwa akun WhatsApp kamu telah disadap adalah mendapat notifikasi dari WhatsApp web. Notifikasi ini tidak muncul sendiri. Kamu harus melakukan beberapa langkah sebagai berikut :

  1. klik tanda titik tiga di pojok kanan atas tampilan WhatsApp.
  2. pilih web WhatsApp.
  3. pilih ‘login in computer’ dan lihat status ‘current active’.
  4. Jika kamu ada perangkat lain (leptop/komputer) yang tercatat di sana, tandanya akun WhatsApp kamu juga dapat dikendalikan dari perangkat tersebut.
  5. Adapun jika kamu ingin memutuskan sambungan perangkat tersebut dengan akun WhatsApp, kamu cukup menekan kata ‘Log out from all devices’.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button