FoodsWorld

Kelezatan Kuliner Khas Malaysia Bernama Nasi Kandar

Kalasela.id – Nasi kandar adalah salah satu hidangan kuliner khas Malaysia yang telah menarik perhatian para pecinta makanan di seluruh dunia. Hidangan ini terkenal karena perpaduan unik rasa dan kelezatan rempah-rempah dalam masakannya. “Kandar” sendiri berasal dari bahasa Tamil “kanthari,” yang berarti tali yang digunakan oleh para pekerja pelabuhan untuk menggantungkan beban di pundak. Nasi kandar awalnya diperkenalkan oleh para pekerja India Muslim yang bekerja di pelabuhan di wilayah Utara Malaysia, seperti Penang dan Pulau Pinang, pada abad ke-19.

Ciri Khas Nasi Kandar

Nasi kandar biasanya disajikan dengan nasi putih sebagai dasarnya. Nasi tersebut dimasak dengan bumbu seperti daun pandan, serai, dan cengkeh, yang memberikan aroma yang khas dan menggugah selera. Namun, yang membuatnya khas adalah beragam hidangan lauk-pauk dan kuah yang disajikan bersama nasi. Beberapa lauk-pauk umum yang sering dihidangkan dalam nasi kandar antara lain:

  1. Ayam Goreng Berempah

Potongan ayam yang dibumbui dengan campuran rempah-rempah seperti kunyit, ketumbar, jintan, dan cabai merah sebelum digoreng hingga garing.

  1. Daging Kambing atau Daging Sapi

Potongan daging kambing atau sapi yang dimasak dengan rempah-rempah khas yang memberikan cita rasa kaya dan lezat.

  1. Ikan

Beberapa varian nasi kandar juga menyajikan ikan goreng, ikan panggang, atau hidangan ikan dalam kuah gulai.

  1. Telur Rebus

Telur rebus yang dimasak dalam air dengan campuran bumbu dan warna yang khas.

  1. Sambal dan Kuah Gulai

Nasi kandar juga selalu disajikan dengan sambal pedas dan kuah gulai yang lezat. Gulai adalah campuran santan dan rempah-rempah yang memberikan rasa gurih dan kaya.

Cara Menikmati Nasi Kandar

Tradisi dalam menikmati nasi kandar adalah dengan menggunakan tangan. Biasanya, para penjual akan menyajikan hidangan di atas meja panjang dan pelanggan bisa memilih sendiri hidangan yang mereka inginkan. Setelah memilih lauk-pauk, nasi dan hidangan lainnya akan dituangkan di atas daun pisang atau piring dan siap dinikmati.

Popularitas dan Penyebaran

Seiring dengan pertumbuhan pariwisata di Malaysia, nasi kandar telah menjadi salah satu hidangan paling populer di negara ini. Salah satu tempat di Malaysia terkenal karena hidangan Nasi Kandar mereka adalah George Town, Penang. Di sini, Anda dapat menemukan banyak warung Nasi Kandar yang ikonik dan legendaris.

Selain di Malaysia, Hidangan ini juga telah menyebar ke beberapa negara tetangga seperti Singapura dan Indonesia. Para penjual makanan Malaysia biasanya membuka gerai khusus untuk menyajikan nasi kandar.

Keanekaragaman Rasa dan Pesona Kuliner Malaysia

Nasi kandar adalah salah satu contoh nyata dari keanekaragaman rasa dan pesona kuliner Malaysia. Hidangan ini mewakili warisan budaya India Muslim yang melebur dengan masakan lokal Malaysia, menciptakan kombinasi yang menarik dan unik. Dari kaki lima di pelabuhan Penang hingga deretan restoran di kota-kota besar, Nasi Kandar telah mengukir cerita yang kaya dan menjadi bagian tak terpisahkan dari keanekaragaman kuliner dan budaya Malaysia.

Oleh karena itu, jika Anda mengunjungi Malaysia, jangan lewatkan kesempatan untuk merasakan kenikmatan kuliner khas Malaysia ini. Di setiap suapan, Anda akan merasakan kehangatan dan kelezatan yang menggoda, serta mengenal lebih dekat dengan perpaduan budaya yang begitu indah. Selamat menikmati!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button