Baru TahuTerkiniUmum

Kelebihan dan Kekurangan Servis Motor di Bengkel Resmi Yang Wajib Anda Tahu !

Tidak dipugkiri lagi bahwa mempunyai kendaraan juga pasti membutuhkan jasa untuk memperbaiki atau merawat kendaraannya. Mempunyai bengkel seperti halnya memiliki dokter untuk kesehatan, yang tentunya memilih yang cocok dan berkualitas serta terpercaya. Kadangkala Mobil dirawat di bengkel resmi belum tentu memuaskan, ada pula yang hanya masuk bengkel kecil malah merasa cocok dan nyaman.

Setiap konsumen punya hak memilih bengkel servis sepeda motor sesuai keinginan, bisa di bengkel resmi atau di bengkel umum. Namun perlu dipahami keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Bengkel resmi motor Honda, AHASS (Astra Honda Authorized Service Station), belakangan sempat ramai dibicarakan netizen karena biaya servis di tempat ini dianggap terlalu mahal dibanding bengkel umum.

Banyak warganet membagikan pengalamannya servis di AHASS dan bengkel umum dengan mengomparasi bon biaya yang harus dibayar. Salah satu netizen menunjukkan bon servis di AHASS hingga jutaan sedangkan di bengkel umum cuma ratusan ribu.

Anda perlu memahami bengkel resmi adalah bisnis besar yang punya standar kualitas tinggi. Hal ini berkaitan dengan layanan purna jual seperti garansi yang tak bisa Anda dapat di bengkel umum.

Utak-atik komponen motor sembarangan di bengkel tak resmi bisa menggugurkan garansi yang merupakan kerugian bagi konsumen. Bila Anda berani toleransi tak mendapat garansi, mungkin bengkel umum dapat jadi pilihan.

kelebihan melakukan servis di bengkel resmi

  1. Pertama, pemilik motor dapat melakukan konsultasi perawatan langsung dengan ahli yang sudah memahami segudang masalah seputar motor konsumen dan cara mengatasinya.
    Mengingat bengkel resmi banyak dikunjungi konsumen, riwayat keluhan yang beragam tercatat berikut pula penyelesaiannya. Ini bisa berguna bagi konsumen lain yang mengalami masalah serupa.
  2. Kedua, eksekusi servis motor di bengkel resmi dilakukan oleh mekanik tersertifikasi. Pada umumnya bengkel resmi mendapat pasokan mekanik dari program khusus yang punya kurikulum tertentu.
  3. Kelebihan ketiga yaitu bengkel resmi selalu memastikan suku cadang yang diberikan ke konsumen merupakan barang asli. Bengkel resmi juga memastikan ketersediaan suku cadang, baik itu fast moving seperti kampas rem atau slow moving misalnya piston.
  4. Keempat, setiap pengerjaan di bengkel resmi tersedia garansi penggunaan. Konsumen bisa kembali ke bengkel jika masih mengalami keluhan.
  5. Kelima, konsumen mendapatkan ruang tunggu lebih baik. Bengkel resmi punya standarisasi bangunan termasuk desain ruang tunggu konsumen yang cenderung lebih nyaman ketimbang bengkel umum.

Kekurangan bengkel resmi

  1. Pertama, biaya perawatan cenderung lebih tinggi, ini berkaitan dengan kualitas jasa dan suku cadang yang diberikan.
  2. Kedua, Anda tak bisa menawar harga jasa dan suku cadang di bengkel resmi. Biaya servis di tempat ini sudah ditentukan, lain cerita di bengkel umum yang masih memungkinkan terjadi negosiasi.
  3. Ketiga, mengingat bengkel resmi jadi rujukan banyak orang maka kerap terjadi antrean panjang. Ini bisa tak terjadi jika Anda masuk ke bengkel umum.
  4. Keempat, Anda tidak bisa selalu memantau pengerjaan perawatan kendaraan. Anda akan diarahkan menunggu di ruang tunggu dan dipanggil mekanik jika dibutuhkan.
  5. Kelima, Anda tidak selalu dapat memilih teknisi di bengkel resmi yang mungkin dapat diajak bekerjasama untuk mengakali komponen agar bisa digunakan lagi ketimbang harus diganti.

Hal lain yang bisa jadi pertimbangan yaitu bengkel resmi tak selalu ada dekat rumah, ini memungkinkan bengkel umum jadi pilihan karena tak merepotkan.

Lalu Anda juga bisa mendapatkan suku cadang imitasi di bengkel umum buat yang lebih peduli pada harga murah. Namun jangan perhitungkan penggunaannya punya konsekuensi risiko bagi keselamatan dan juga merambat ke kerusakan komponen lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kalasela/public_html/wp-includes/functions.php on line 5427

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kalasela/public_html/wp-includes/functions.php on line 5427