SejarahUmum

Karna Sosok Dermawan Sejati

Kalasela.id– Dalam kisah Mahabharata sering kali kita mendengar kisah kisah heroik dari para Pandawa sebagai tokoh utama dalam kisah ini. Namun selain pandawa, banyak pula sosok lain yang patut digali kisahnya. Salah satu tokoh itu adalah Karna raja Angga alias Adipati Karna.

Seringkali Karna dicitrakan sebagai pembela Kurawa yang setia dengan sifat angkuh dan sombong, namun juga memiliki jiwa kesatria yang tinggi. Meskipun hingga akhir ia tetap setia membela Kurawa dan berperang melawan Pandawa, namun kisah hidupnya yang penuh perjuangan dan juga nilai kebajikan layak untuk diketahui.

Kisah Karna dan jelmaan Dewa Indra

Suatu hari sebelum peperangan di Kurukshetra berlangsung, Dewa Indra khawatir jika Arjuna akan mati ditangan Karna putra Dewa Surya. Kekhawatiran Dewa Indra ini dikarenakan Karna sejak lahir telah dianugerahi dua senjata yang berupa baju besi dan juga anting oleh Dewa Surya. Dua senjata sakti tersebut membuat Karna terlindungi dari berbagai serangan senjata yang tertuju padanya.

Oleh karena itu, Dewa Indra mendatangi Karna dengan wujud sebagai seorang Brahmana miskin yang meminta sedekah. Kala itu Karna baru saja selesai melakukan pemujaan kepada Dewa Surya. Karna lalu menayakan apa yang diinginkan oleh Brahmana tadi. Sang Brahmana yang miskin tadi menginginkan senjata anting dan juga baju besi milik Karna sebagai sedekah. Tanpa ragu sedikitpun karna lantas memberikan dua senjata itu meskipun harus memotong telinga dan merobek dadanya.

Sebenarnya Karna telah mengetahui bahwa sosok Brahmana tersebut adalah jelmaan Dewa Indra. Namun Karna telah terikat dengan kata-katanya yang tidak dapat menolak siapapun yang datang dan meminta amal darinya. Dewa indra merasa malu setelah melihat jiwa kesatria dalam diri Karna dan memintanya untuk meminta sebuah hadiah. Karna awalnya menolak tawaran tersebut dengan mengatakan bahwa ia tidak memberi sedekah untuk mengharapkan imbalan.

Tetapi setelah permintaan para dewa,resi, dan makhluk surgawi, ia meminta Vasavi Shakti alias Senjata Konta. Dewa Indra memberikannya dengan syarat hanya bisa digunakan satu kali saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button