BusinessTerkini

Jepang Nilai Peran Indonesia Makin Penting di Dunia

Rembang, Kalasela.idBisnis, Indonesia dibawah pimpinan presiden jokowi semakin berkembang pesat dan dinilai sebagai negara di Asia Tenggara yang penting, terutama perannya di ASEAN.Peran Indonesia dalam ASEAN sangat beragam dan penting. Indonesia juga berperan aktif dalam berbagai kegiatan ASEAN.

Dilansir dari idntimes, Hal ini diungkapkan oleh Duta Besar Jepang untuk ASEAN, Masahiko Kiya, yang baru saja menyerahkan surat kepercayaan kepada Sekretaris Jenderal ASEAN, Lim Jock Hoi.

1. Indonesia punya peran penting

Jepang Nilai Peran Indonesia Makin Penting di Dunia 
Presiden Jokowi bertemu dengan Perdana Menteri Jepang, Kishida Fumio di kantor PM Jepang (dok. Sekretariat Presiden)

Kiya mengungkapkan Indonesia memiliki peran penting di kancah global seperti ASEAN dan G20.

“Begitu saya sampai di Jakarta, saat itu banyak sekali spanduk soal G20. Indonesia memang saat ini memiliki peran penting di kancah global. Apalagi kepemimpinan Indonesia di ASEAN tahun depan, sangat penting,” kata Kiya, di Sekretariat ASEAN, Jakarta, Kamis (1/12/2022).

2. Perdamaian dan keamanan kawasan diangkat

Duta Besar Jepang untuk ASEAN Masahiko Kiya dan Sekretaris Jenderal ASEAN Lim Jock Hoi. 

Kiya membeberkan, salah satu isu yang dibicarakan saat bersama Lim Jock Hoi adalah perdamaian dan keamanan kawasan, terutama Indo Pasifik.

Selain itu, dibicarakan juga terkait peringatan 50 tahun kerja sama Jepang dan ASEAN yang akan jatuh pada tahun depan.

“ASEAN cukup penting bagi Jepang dan sebaliknya, Jepang juga merupakan mitra kawasan yang penting juga untuk ASEAN,” ucap Kiya.

3. Kerja sama Jepang-ASEAN untuk Indo Pasifik

Duta Besar Jepang untuk ASEAN Masahiko Kiya dan Sekretaris Jenderal ASEAN Lim Jock Hoi. 

Bersamaan dengan keketuaan Indonesia di ASEAN pada 2023, akan diselenggarakan KTT peringatan 50 tahun ASEAN-Jepang di Tokyo dengan tema perayaan “Golden Friendship, Golden Opportunities”.

Saat perhelatan ASEAN-Jepang Ministerial Meeting di Phnom Penh, Kamboja, Agustus 2022 lalu, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menekankan bahwa Indonesia mengharapkan kiranya kerja sama konkret yang saling menguntungkan dan inklusif di Indo-Pasifik dapat dikedepankan dalam kemitraan ASEAN-Jepang di masa mendatang.

4.Kerja Sama Bilateral Indonesia-Jepang

Jepang dan Indonesia sepakat untuk menjadi inisiator dalam mewujudkan konsep Asia Zero Emission Community (AZEC). Hal ini juga merupakan kesepakatan kedua kepala negara, Presiden Joko Widodo dengan Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida dalam pertemuan bilateral pada saat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali tanggal 14 November 2022.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button