TeknologiTerkiniUmum

Jepang Memecahkan Rekor Kecepatan Internet Dengan Transfer Data 319Tbps

Jepang mengukir sejaralah lagi ,kali ini para ilmuwan di Institut Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional Jepang (NICT) telah memecahkan rekor transfer internet dengan mengacak data pada 319Tbps.

Untuk konteks, itu hampir dua kali lebih cepat dari 179Tbps yang dikelola tim peneliti Inggris dan Jepang pada Agustus 2020.para ilmuwan di Institut Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional Jepang (NICT) telah memecahkan rekor transfer internet dengan mengacak data pada 319Tbps. Untuk konteks, itu hampir dua kali lebih cepat dari 179Tbps yang dikelola tim peneliti Inggris dan Jepang pada Agustus 2020.

Dikutip dari Vice, NICT menguji kecepatan internet tersebut di laboratorium dengan menggunakan teknologi serat optik yang paling canggih.

Kabel optik ini memiliki empat lilitan inti dengan ukuran kecil. Lazimnya, kabel optik standar hanya memiliki satu lilitan inti untuk mentransmisikan data.

Dalam simulasi tersebut, NICT mentransmisikan data menempuh jarak 3.001 kilometer. Hasilnya, kecepatan maupun sinyal sepanjang transfer data tidak pernah mengalami penurunan. Menurut tim NICT, kecepatannya masih bisa ditingkatkan dengan beberapa percobaan tambahan.

Salah satu teknologi yang dimaksud adalah kabel optik yang terdiri dari empat inti (4-core) memungkinkan mentransmisikan data dengan cepat dari serat optik satu inti (single-core).

“4-core dengan diameter kelongsong standar menarik untuk adopsi awal serat (space division multiplexing) dengan throughput tinggi, link jarak jauh, karena kompatibel dengan infrastruktur kabel konvensional dan diharapkan memiliki mekanik sebanding dengan serat single-core,” kata NICT.

“Dengan adanya kabel ini, kami yakin sistem transmisi data akan bisa berkembang jauh lebih cepat, melampaui yang sudah dicapai teknologi 5G,” imbuh NICT.

Menurut penjelasan endgadget.com, para ahli dapat melakukan transfer data sejauh 1.864 mil (2.999 km) tanpa mengalami degradasi sinyal ataupun kecepatan. Kecepatan ini dikatakan juga didukung tembakan 552 saluran laser di berbagai panjang gelombang untuk mendapatkan kecepatan sangat tinggi.

Meski menakjubkan perlu dipahami kecepatan ini didapat berdasarkan hasil uji di laboratorium. Masih butuh waktu dan visibilitas pendanaan sampai penelitian ini bisa diaplikasikan ke dunia nyata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button