BusinessTeknologiTerkini

JD.ID Umumkan Tutup per 31 Maret 2023

Rembang, Kalasela.id – Layanan belanja online (e-commerce) JD.ID mengumumkan akan menyetop menerima pesanan mulai 15 Februari 2023 dan perusahaan akan menutup total usahanya pada 31 Maret mendatang.
Pengumuman itu tercantum di website resmi JD.ID ketika diakses pada 30 Januari 2023.

“Dengan sangat menyesal kami mengumumkan JD.ID akan berhenti menerima pesanan mulai 15 Februari 2023 dan seluruh servis akan dihentikan efektif mulai 31 Maret 2023,” tulis pengumuman JD.ID, dikutip Senin (30/1)

Selain itu, perusahaan mengumumkan akan memberikan waktu kepada semua mitra pengguna dan penjual untuk menyelesaikan transaksi pada akhir Maret 2023.

JD.ID adalah perusahaan patungan e-commerce Cina antara JD.com dan Provident Capital. Sebelum mengumumkan penutupan kali ini, JD.ID menutup agen logistiknya JDL Express Indonesia pada 22 Januari 2023.

Usulan penutupan JDL Express Indonesia muncul setelah adanya laporan bahwa JD.com berencana keluar dari Indonesia dan Thailand pada awal 2023.

JD.com disebut sedang mencari calon investor untuk membeli bisnisnya di kedua negara tersebut setelah mengalami kerugian di pasar. Sementara itu, retailer online JD.id yang berbasis di Jakarta dikabarkan baru memulai destocking dan sedang melakukan penjualan.

Pada Desember 2022, JD.ID juga melakukan pemutusan hubungan kerja (HK) terhadap 30 persen atau 200 karyawan.

Setya Yudha Indraswara, Direktur Komunikasi dan Hubungan Masyarakat JD.ID, mengatakan PHK dilakukan sebagai masa penyesuaian untuk menghadapi tantangan bisnis saat ini.

Dilansir dari CNNindonesia, “Salah satu tindakan manajemen adalah melakukan simplifikasi agar perusahaan dapat terus bertransformasi untuk beradaptasi dengan perubahan,” ujarnya pada akhir tahun 2022.

Fase PHK ini bukanlah yang pertama kali dilakukan JD.ID. Mei lalu, perusahaan mengambil langkah improvisasi yang sama agar perusahaan dapat terus beradaptasi dan selaras dengan dinamika pasar dan tren industri di Indonesia.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button